8.5 C
New York
Tuesday, June 2, 2020
Home Uncategorized Beroperasinya YIA Bisa Kurangi Risiko Penyaluran Covid-19

Beroperasinya YIA Bisa Kurangi Risiko Penyaluran Covid-19

Upaya social distancing dapat dilakukan di YIA karena lebih luas dari Adisutjipto.

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA — Yogyakarta International Airport (YIA) beroperasi secara lengkap mulai 29 Maret 2020. Beroperasinya YIA ini ditandai dengan dipindahkannya seluruh penerbangan dari Bandara Global Adisutjipto ke YIA.

Direktur Utama PT Angkasa Negeri I, Faik Fahmi mengatakan, dipindahkannya penerbangan ke YIA ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19). Sebab, penerapan upaya social distancing dapat dilakukan di YIA karena lebih merata dari Adisutjipto.

“Kepindahan seluruh penerbangan situasi saat tersebut solusi untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 di tengah padatnya penumpang dan sempitnya ruang untuk menerapkan konsep social distancing dengan maksimal di Adisutjipto, ” kata Faik, di keterangan resminya.

YIA sendiri memiliki terminal dengan merata 219 ribu meter persegi. YIA dapat menampung hingga 20 juta penumpang per tahun atau 11 kali lebih besar dari Adisutjipto. “Adisutjipto hanya dapat menampung satu, 8 juta penumpang per tarikh, ” ujarnya.

Faik menjelaskan, ada 54 penerbangan dengan dipindah ke YIA. Penerbangan tersebut yakni 48 penerbangan domestik serta enam pernerbangan internasional dengan rute Malaysia dan Singapura.

“Beroperasinya YIA, ke depan saya yakin akan mampu memberikan multiplier effect bagi perekonomian, pariwisata, dan logistik di DIY khususnya Kulonprogo hingga Jawa Tengah, ” jelasnya.

Most Popular

Itu Tanggapan Mahfud MD Soal Pembicaraan Pemberhentian Presiden

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat bahana terkait diskusi di universitas Gajah Mada dengan topik pemberhentian presiden. Menurutnya, diskusi tentang pemberhentian...

New Normal, 200 Ribu Mahasiswa hendak Kembali ke Kota Yogya

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA -- Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, sekitar 200 ribu mahasiswa dari luar daerah yang akan kembali ke Tanah air Yogyakarta saat New Normal...

16 ABK dari Madrid Reaktif Covid-19

REPUBLIKA. CO. ID, TANGERANG – Sebanyak 16 anak buah pesawat (ABK) dari  Kota Madrid, Spanyol terbukti reaktif Covid-19, setelah dikerjakan rapid test. Diketahui sekitar 467 ABK dari Madrid berkebangsaan Indonesia mendarat...

Pengesahan Bermutu, Pendidikan Bermutu

REPUBLIKA. CO. ID,     Oleh  Tatang Sunendar* Slogan "akreditasi bermutu, pendidikan bermutu" merupakan komitmen Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Menjadi kesadaran terdalam seluruh pimpinan di tingkat pusat hingga provinsi dan kabupaten kota. Terpampang di  player  maupun...

Recent Comments