8.5 C
New York
Sunday, August 9, 2020
Home Uncategorized Beroperasinya YIA Bisa Kurangi Risiko Penyaluran Covid-19

Beroperasinya YIA Bisa Kurangi Risiko Penyaluran Covid-19

Upaya social distancing dapat dilakukan di YIA karena lebih luas dari Adisutjipto.

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA — Yogyakarta International Airport (YIA) beroperasi secara lengkap mulai 29 Maret 2020. Beroperasinya YIA ini ditandai dengan dipindahkannya seluruh penerbangan dari Bandara Global Adisutjipto ke YIA.

Direktur Utama PT Angkasa Negeri I, Faik Fahmi mengatakan, dipindahkannya penerbangan ke YIA ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19). Sebab, penerapan upaya social distancing dapat dilakukan di YIA karena lebih merata dari Adisutjipto.

“Kepindahan seluruh penerbangan situasi saat tersebut solusi untuk mengurangi risiko penularan Covid-19 di tengah padatnya penumpang dan sempitnya ruang untuk menerapkan konsep social distancing dengan maksimal di Adisutjipto, ” kata Faik, di keterangan resminya.

YIA sendiri memiliki terminal dengan merata 219 ribu meter persegi. YIA dapat menampung hingga 20 juta penumpang per tahun atau 11 kali lebih besar dari Adisutjipto. “Adisutjipto hanya dapat menampung satu, 8 juta penumpang per tarikh, ” ujarnya.

Faik menjelaskan, ada 54 penerbangan dengan dipindah ke YIA. Penerbangan tersebut yakni 48 penerbangan domestik serta enam pernerbangan internasional dengan rute Malaysia dan Singapura.

“Beroperasinya YIA, ke depan saya yakin akan mampu memberikan multiplier effect bagi perekonomian, pariwisata, dan logistik di DIY khususnya Kulonprogo hingga Jawa Tengah, ” jelasnya.

Most Popular

Karya besar Hamka dari Penjara

REPUBLIKA. CO. ID, Oleh Terlepas Ginting / Jurnalis Senior Republika   Dari balik jeruji penjara, seorang ulama menyelesaikan sebuah susunan besar. Tafsir Al-Azhar. Itulah lengah satu mahakarya dari Buya Hamka, yang ia kerjakan...

10 Ribu Tukik Dilepaskan di Pantai Saba Gianyar

REPUBLIKA. CO. ID, GIANYAR -- Sekda Kabupaten Gianyar memimpin pelepasan 10. 000 tukik pada kegiatan Bali Resik Sampah Plastik dan Pelepasan Tukik di Pantai Saba Gianyar, Daerah Saba Kecamatan Blahbatuh Gianyar, Sabtu...

Beda Mahatma Ghandi dan Ali Jinnah, Meski Keduanya Sahabat

REPUBLIKA. CO. ID,   Suatu buku berjudul 'Gandhi's Hinduism the Struggle against Jinnah's Islam' ada dari tangan M J Akbar, seorang jurnalis dan politisi pokok India. Buku itu, pertama terbit pada 5...

Tottenham Angkat Ledley King Jadi Asisten Tim Utama

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA -- Tottenham telah mengonfirmasi bahwa mantan kapten klub Ledley King ditunjuk sebagai asisten tim utama untuk membantu tugas pelatih Jose Mourinho. Mantan bek berusia 39 tarikh tersebut diangkat sebagai...

Recent Comments