8.5 C
New York
Tuesday, June 2, 2020
Home Uncategorized Pemerintah Beri Insentif Berupa Pinjaman Rekognisi bagi UMKM

Pemerintah Beri Insentif Berupa Pinjaman Rekognisi bagi UMKM

Kelapangan pembayaran diberikan dalam periode mulia tahun.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Pemerintah memberikan relaksasi dan restrukturisasi pinjaman kredit bagi pelaku UMKM kelanjutan penyebaran virus corona. Kebijakan tertuang dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 11 Tahun 2020 tentang Stimulus Perekonomian Nasional sebagai Kebijaksanaan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019.

Juru Bicara Kepala RI Fadjroel Rachman mengatakan OJK memberikan penjelasan terkait pengajuan kelapangan kredit bank dan leasing antara lain pertama syarat minimal debitur dengan bisa mendapatkan keringanan kredit ialah debitur terkena dampak virus corona dengan nilai kredit atau leasing di bawah Rp 10 miliar dan untuk pekerja informal, penghasilan harian, usaha mikro dan daya kecil (kredit UMKM dan KUR).

Pada Peraturan OJK No 11 Tahun 2020, pasal 2 ayat (1) Yang dimaksud dengan debitur yang terkena hasil penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) termasuk debitur usaha mikro, mungil, dan menengah adalah debitur dengan mengalami kesulitan untuk memenuhi urusan pada bank karena debitur ataupun usaha debitur terdampak dari penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19) jalan secara langsung ataupun tidak langsung pada sektor ekonomi antara asing pariwisata, transportasi, perhotelan, perdagangan, pengolahan, pertanian, dan pertambangan.

“Keringanan dapat diberikan dalam masa satu tahun diantaranya dalam wujud penyesuaian pembayaran cicilan pokok/bunga; perpanjangan waktu; atau hal lain yang ditetapkan oleh bank/leasing, ” ujarnya di dalam keterangan tulis di Jakarta, Selasa (31/3).

Lalu, debitur juga bisa mengajukan kepada bank/leasing dengan menyampaikan permohonan melalui saluran hubungan bank/leasing. Dan jika dilakukan dengan kolektif, misalnya melalui perusahaan, maka direksi wajib memvalidasi data dengan diberikan kepada bank/leasing.

Kedua, untuk debitur yang tidak termasuk dalam poin di atas, bank/leasing memiliki kebijaksanaan keringanan kredit/leasing, sehingga debitur dapat berkontak langsung melalui sarana komunikasi yang selama ini digunakan, dan lestari tidak perlu hadir atau tatap muka.

Ketiga, Konsumen melaporkan kepada bank/leasing jika ada bagian debt collector yang melakukan teror atau tidak sesuai ketentuan. Dan informasi ke OJK dapat diajukan dengan menyebutkan nama, perusahaan bank/leasing, dan masalah yang dihadapi via Telepon 157, Whatapp (WA) 081 157, ataupun email ke konsumen@ojk. go. id.

Most Popular

Itu Tanggapan Mahfud MD Soal Pembicaraan Pemberhentian Presiden

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat bahana terkait diskusi di universitas Gajah Mada dengan topik pemberhentian presiden. Menurutnya, diskusi tentang pemberhentian...

New Normal, 200 Ribu Mahasiswa hendak Kembali ke Kota Yogya

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA -- Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, sekitar 200 ribu mahasiswa dari luar daerah yang akan kembali ke Tanah air Yogyakarta saat New Normal...

16 ABK dari Madrid Reaktif Covid-19

REPUBLIKA. CO. ID, TANGERANG – Sebanyak 16 anak buah pesawat (ABK) dari  Kota Madrid, Spanyol terbukti reaktif Covid-19, setelah dikerjakan rapid test. Diketahui sekitar 467 ABK dari Madrid berkebangsaan Indonesia mendarat...

Pengesahan Bermutu, Pendidikan Bermutu

REPUBLIKA. CO. ID,     Oleh  Tatang Sunendar* Slogan "akreditasi bermutu, pendidikan bermutu" merupakan komitmen Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Menjadi kesadaran terdalam seluruh pimpinan di tingkat pusat hingga provinsi dan kabupaten kota. Terpampang di  player  maupun...

Recent Comments