8.5 C
New York
Sunday, August 9, 2020
Home Uncategorized PW Muhammadiyah Jatim Dukung PSBB dalam Surabaya Raya

PW Muhammadiyah Jatim Dukung PSBB dalam Surabaya Raya

Muhammadiyah Jatim menilai PSBB upaya buat cegah Covid-19.

REPUBLIKA. CO. ID, SURABAYA – Pengurus Wilayah Muhammadiyah mendukung agenda penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya, Sidoarjo, serta Gresik.

Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur, Saad Ibrahim, hal serupa sudah bertambah dahulu diterapkan di Jakarta serta sekitarnya, karena dianggap langkah menyesatkan tepat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kalau kemudian pemerintah mengadakan PSBB untuk tiga daerah itu, Muhammadiyah secara segala kebijakan yang berdampak positif bagi bangsa pasti akan mengangkat, ” kata Saad dikonfirmasi Selasa (21/4).

Walaupun, prawacana Saad, nantinya penerapan PSBB hendak berdampak pada sepinya masjid-masjid, tidak terkecuali saat memasuki Ramadhan.

Saad meminta umat Muslim memahami situasi yang ada. Dia pun mengingatkan, beragama tidak cukup dengan semangat tinggi, tapi juga harus dengan ilmu.

“Di Saudi saja sudah semacam itu, haji yang hanya sekali di dalam setahun bisa saja tidak ada dan ulama besar di Saudi sudah menggariskan seperti itu, ” ujar Saad.

Patuh Saad dalam situasi seperti ini, akan lebih baik ibadah secara tekun di rumah. Karena, introduksi dia, akan sangat sulit mengawasi semua jamaah yang beribadah dalam masjid, apakah mereka dalam status sehat serta tidak membawa virus, atau malah sebaliknya.

“Kaidahnya setiap orang pada dasarnya sehat sampai terbukti sakit setelah dicek dokter. Tapi pada status seperti ini, semua orang dianggap sakit semua membawa virus datang terbukti semua sehat setelah dicek dokter, ” kata Saad.

Saad melanjutkan, ada wilayah yang beralasan dan mereka sedang berada di daerah yang menghunjam dalam zona hijau, karena jauh dari pusat Kota Surabaya.

Meski demikian, dia mengajak masyarakat belajar pada penularan Covid-19 dari Wuhan, China, ke Italia. Meski jarak kedua negara sangat jauh, tetapi virus corona tetap bisa sampai juga.

Khusus untuk kegiatan ekonomi, Saad meminta masyarakat untuk tidak bingung dengan penerapan PSBB, karena saat ini jual beli bisa dikerjakan secara daring.

Muhammadiyah, kata dia, dengan Pemerintah tercatat Nahdlatul Ulama, sudah satu kadar terkait penerapan PSBB ini.

“Termasuk untuk bahan sasaran bisa dikirim. PSBB ini mau lebih efektif daripada tanpa PSBB. Walaupun tidak mungkin memang betul-betul tinggal di rumah, kecuali seluruh kebutuhan benar-benar sudah terpenuhi, ” kata Saad.

Most Popular

Karya besar Hamka dari Penjara

REPUBLIKA. CO. ID, Oleh Terlepas Ginting / Jurnalis Senior Republika   Dari balik jeruji penjara, seorang ulama menyelesaikan sebuah susunan besar. Tafsir Al-Azhar. Itulah lengah satu mahakarya dari Buya Hamka, yang ia kerjakan...

10 Ribu Tukik Dilepaskan di Pantai Saba Gianyar

REPUBLIKA. CO. ID, GIANYAR -- Sekda Kabupaten Gianyar memimpin pelepasan 10. 000 tukik pada kegiatan Bali Resik Sampah Plastik dan Pelepasan Tukik di Pantai Saba Gianyar, Daerah Saba Kecamatan Blahbatuh Gianyar, Sabtu...

Beda Mahatma Ghandi dan Ali Jinnah, Meski Keduanya Sahabat

REPUBLIKA. CO. ID,   Suatu buku berjudul 'Gandhi's Hinduism the Struggle against Jinnah's Islam' ada dari tangan M J Akbar, seorang jurnalis dan politisi pokok India. Buku itu, pertama terbit pada 5...

Tottenham Angkat Ledley King Jadi Asisten Tim Utama

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA -- Tottenham telah mengonfirmasi bahwa mantan kapten klub Ledley King ditunjuk sebagai asisten tim utama untuk membantu tugas pelatih Jose Mourinho. Mantan bek berusia 39 tarikh tersebut diangkat sebagai...

Recent Comments