8.5 C
New York
Monday, August 10, 2020
Home Uncategorized CEO Ruangguru Mundur, Mitra Kartu Prakerja Harus Dievaluasi

CEO Ruangguru Mundur, Mitra Kartu Prakerja Harus Dievaluasi

ICW mengkritisi penunjukan Ruangguru sebagai pacar program Kartu Prakerja.

REPUBLIKA. CO. ID, sebab Dian Fath Surat berkala, Arif Satrio Nugroho, Adinda Pryanka

Mundurnya CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dari jabatan staf khusus (stafsus) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyisakan pertanyaan, bagaimana nasib Ruangguru sebagai aplikator yang masuk dalam agenda Kartu Prakerja? Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta pemerintah mengevaluasi seluruh mitra program Kartu Prakerja.

Peneliti ICW, Wana Alamsyah menyarankan, dalam konteks Ruangguru. com sebagai mitra kerja Kartu Prakerja sudah sepatutnya seluruh pacar program Kartu Prakerja dihentikan terlebih dahulu untuk kemudian dilakukan pertimbangan. Terlebih, perusahaan milik Belva, Ruangguru. com adalah anak perusahaan pokok Singapura.

Selain tersebut, lanjut Wana, penunjukan Ruangguru jadi mitra program Kartu Prakerja menghadirkan kesan bahwa penunjukan itu tak objektif dan tidak sesuai dengan Peraturan Presiden. “Sebab, proses pemilihannya pun tidak sesuai dengan Susunan Presiden nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Pertolongan, ” kata Wana.

Sebelumnya, Belva menjelaskan, pendunduran muncul dari jabatan stafsus Presiden dilakukan guna menghindari konflik kepentingan menyusul dijadikannya Ruangguru sebagai salah satu aplikator program pemerintah melalui Kartu Prakerja. Belva mengatakan, bahwa dirinya tidak ingin agar polemik itu berkepanjangan yang dapat mengakibatkan terpecahnya konsentrasi Presiden dan seluruh jejeran pemerintahan dalam menangani pandemi Covid-19

Dia mengungkapkan, bagaikan yang telah dijelaskan oleh Departemen Koordinator Perekonomian dan Manajemen Pemangku Kartu Prakerja (PMO), proses testimoni semua mitra Kartu Prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang sahih. Dia mengklaim bahwa hal tersebut juga tidak ada keterlibatan dengan memunculkan konflik kepentingan.

“Pemilihan pun dilakukan langsung oleh peserta pemegang Kartu Prakerja, ” katanya. ⁣

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay memperhitungkan pengunduran diri Belva tak lantas menghentikan polemik penunjukkan Ruangguru sebagai mitra program Kartu Prakerja. Patuh Saleh, polemik itu muncul sebagai respons terhadap pemilihan Ruangguru dengan ditunjuk sebagai mitra pelaksana surat prakerja.

“Sebetulnya seluruh biasa saja. Ini dianggap asing biasa karena Adamas adalah CEO Ruangguru, ” kata Saleh meniti pesan yang diterima Republika , Rabu (22/4).

Penunjukkan Ruangguru sebagai mitra Prakerja memunculkan tanda bahwa penunjukan itu tidak faktual. Saleh pun menilai, kesan tersebut wajar. Sebab, pada saat cara penunjukan, Belva masih berstatus rajin sebagai stafsus Presiden.

“Ada teman yang bilang, roman sekali dia mundur. Katanya, kalaupun mundur, tetap saja polemiknya tidak selesai. Bahkan, orang akan mengutarakan bahwa dia hanya mundur beberapa langkah untuk maju triliunan sikap, ” kata Sekretaris Fraksi PAN ini.

Sejak pangkal, kata Saleh, yang menjadi masalah utama bukanlah posisinya sebagai stafsus Jokowi. Namun, yang dipersoalkan adalah soal proses penunjukan lembaganya jadi mitra Kartu Prakerja. Sebaiknya, metode penunjukkan Ruangguru dijelaskan secara terkuak.

“Kalau mundur laksana ini, bisa jadi orang bahkan menyangka bahwa ada sesuatu dengan tidak wajar. Bahkan, ketidakwajaran itu ditunjukkan oleh sikap Adamas tunggal. Buktinya tidak wajar, dia membatalkan diri. Kalau semua sesuai kaidah, kan tidak perlu mengundurkan diri. Apalagi, dia mengatakan bahwa keputusan membatalkan diri itu adalah keputusan yang berat, ” kata Wakil Kepala Majelis Kehormatan Dewan DPR RI ini.

Tak ada konflik kepentingan

Pihak Istana Kepresidenan menetapkan bahwa tidak ada konflik kepentingan dalam pemilihan mitra program Kartu Prakerja. Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyampaikan, dipilihnya Ruangguru sebagai lupa satu aplikasi mitra Kartu Prakerja tidak ada sangkut pautnya secara jabatan yang diemban sang CEO Ruangguru Adamas Belva, sebagai Stafsus Presiden Jokowi.

Penjelasan Pramono ini juga disampaikan bersamaan dengan konfirmasi mundurnya Belva dari jabatannya sebagai Stafsus Jokowi, pada Selasa (21/4). Dalam surat terkuak yang diunggah di media sosialnya, Belva mengakui bahwa tudingan adanya konflik kepentingan dalam program Surat Prakerja merupakan alasan kuat di balik pengunduran dirinya.

“Terkait dengan keikutsertaan Ruang Instruktur dalam Kartu Prakerja, seperti sudah dijelaskan oleh Menko Perekonomian kalau proses verifikasi mitra prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang sahih, dan tidak ada keterlibatan dengan memunculkan konflik kepentingan dalam situasi ini, ” ujar Pramono, Selasa (21/4).

Presiden Jokowi pun dijelaskan Pramono telah menyambut surat pengunduran diri Belva. Jokowi, ujar Pramono, juga memahami dalih di balik pengunduran diri lulusan Stanford dan Harvard tersebut.

Manajemen pelaksana Kartu Prakerja sedang menjajaki kerja sama secara tiga platform digital untuk memperluas cakupan program. Mereka akan menambah leretan platform penyedia berbagai program pelatihan yang saat ini berjumlah delapan bahan, di antaranya, Ruangguru, Bukalapak serta Tokopedia.

Direktur Koneksi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, pihaknya belum bisa menyebutkan nama tiga platform tersebut mengingat sekarang masih dalam tahap pengkajian. “Pada saat nanti sudah bukti tangan (nota kesepahaman), kalau memang ada kesepakatan, tentu kami umumkan, ” tuturnya saat teleconference dengan jurnalis, Senin (20/4).

Panji mengatakan, tidak menutup kemungkinan jumlah platform digital mitra resmi Kartu Prakerja terus mengalami pertambahan setiap tahun. Sebab, pemerintah terus membuka muncul untuk melakukan kerja sama secara platform yang memang bersedia menjadi bagian dari pelaksanaan Kartu Prakerja dan memenuhi kriteria.

Panji menekankan, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja tidak melakukan tender secara platform digital yang ingin menjadi mitra resmi. Sebab, mereka tidak melaksanakan pengadaan barang dan jasa dengan harus dibayarkan kepada platform. Program Kartu Prakerja bersifat memberikan semua tumpuan kepada peserta.

Panji menambahkan, delapan platform yang kini telah menjadi mitra resmi Kartu Prakerja bersaing dengan bebas. Masyarakat mempunyai hak untuk memilih platform sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

“Bukan pemerintah yang menentukan dan menugaskan platform untuk memberikan bantuan pelatihan, tapi pure (murni) oleh peserta itu sendiri, ” ucapnya.

Most Popular

Karya besar Hamka dari Penjara

REPUBLIKA. CO. ID, Oleh Terlepas Ginting / Jurnalis Senior Republika   Dari balik jeruji penjara, seorang ulama menyelesaikan sebuah susunan besar. Tafsir Al-Azhar. Itulah lengah satu mahakarya dari Buya Hamka, yang ia kerjakan...

10 Ribu Tukik Dilepaskan di Pantai Saba Gianyar

REPUBLIKA. CO. ID, GIANYAR -- Sekda Kabupaten Gianyar memimpin pelepasan 10. 000 tukik pada kegiatan Bali Resik Sampah Plastik dan Pelepasan Tukik di Pantai Saba Gianyar, Daerah Saba Kecamatan Blahbatuh Gianyar, Sabtu...

Beda Mahatma Ghandi dan Ali Jinnah, Meski Keduanya Sahabat

REPUBLIKA. CO. ID,   Suatu buku berjudul 'Gandhi's Hinduism the Struggle against Jinnah's Islam' ada dari tangan M J Akbar, seorang jurnalis dan politisi pokok India. Buku itu, pertama terbit pada 5...

Tottenham Angkat Ledley King Jadi Asisten Tim Utama

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA -- Tottenham telah mengonfirmasi bahwa mantan kapten klub Ledley King ditunjuk sebagai asisten tim utama untuk membantu tugas pelatih Jose Mourinho. Mantan bek berusia 39 tarikh tersebut diangkat sebagai...

Recent Comments