8.5 C
New York
Monday, August 10, 2020
Home Uncategorized Lagarde Ungkap Batas Peran ECB yang Pandemi CoronaÂ

Lagarde Ungkap Batas Peran ECB yang Pandemi CoronaÂ

ECB membeli obligasi sejumlah negara biar perekonomian tak terhenti.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Christine Lagarde menjelaskan keterbatasan peran ECB dalam situasi menghadapi perlambatan ekonomi karena pandemi virus corona. Meski demikian, ECB akan membeli obligasi sejumlah penjuru sebesar 1, 1 triliun euro (€) (1, 19 triliun dolar AS) tahun ini.

Pembelian obligasi itu dilakukan tuk menjaga kredit tetap murah tuk pemerintah, rumah tangga, dan perusahaan yang berjuang di tengah pandemi. Dan, ia berjanji untuk proses lebih banyak lagi jika diperlukan.

Selain itu, Bank of England pula telah memberikan pinjaman kepada pemerintahnya sendiri. Hal ini membuat seluruh investor berspekulasi tentang bank sentral mana lagi yang akan mengikuti setelah dunia bergulat dengan resesi terburuk dalam hampir seabad.

Namun, Lagarde menarik batas untuk membeli utang langsung dari pemerintah negara awak Zona Euro dan menuangkan aère dingin pada gagasan “helikopter uang” turun untuk rumah tangga.

“Perjanjian suah dipahami sebagai pembelian pasar utama utang pemerintah, yaitu pembiayaan segera pemerintah, akan merusak kemampuan tujuan ini untuk mendorong kebijakan anggaran yang disiplin, ” ujarnya sungguh-sungguh surat kepada anggota Parlemen Uni Eropa.

Diketahui, sebagian besar negara-negara pada Eropa terkunci di tengah wabah virus corona. Sehingga kegiatan ekonomi hampir terhenti dan pasar berposisi di ujung tanduk, pertanda resesi yang dalam setara krisis ekonomi global 2008.

Sebelumnya, para menteri keuangan Uni Eropa juga telah menyetujui paket penyelamatan senilai 500 miliar euro (440 juta poundsterling) bagi negara-negara Eropa yang dilanda pandemi virus corona.

Ketua Eurogroup, Mario Centeno mengumumkan kesepakatan itu kemarin dimana dicapai setelah diskusi maraton di dalam Brussels. Akan tetapi para menteri gagal menerima permintaan dari Prancis dan Italia untuk mengurangi biaya krisis dengan mengeluarkan apa dalam disebut obligasi corona (coronabonds).

Most Popular

Karya besar Hamka dari Penjara

REPUBLIKA. CO. ID, Oleh Terlepas Ginting / Jurnalis Senior Republika   Dari balik jeruji penjara, seorang ulama menyelesaikan sebuah susunan besar. Tafsir Al-Azhar. Itulah lengah satu mahakarya dari Buya Hamka, yang ia kerjakan...

10 Ribu Tukik Dilepaskan di Pantai Saba Gianyar

REPUBLIKA. CO. ID, GIANYAR -- Sekda Kabupaten Gianyar memimpin pelepasan 10. 000 tukik pada kegiatan Bali Resik Sampah Plastik dan Pelepasan Tukik di Pantai Saba Gianyar, Daerah Saba Kecamatan Blahbatuh Gianyar, Sabtu...

Beda Mahatma Ghandi dan Ali Jinnah, Meski Keduanya Sahabat

REPUBLIKA. CO. ID,   Suatu buku berjudul 'Gandhi's Hinduism the Struggle against Jinnah's Islam' ada dari tangan M J Akbar, seorang jurnalis dan politisi pokok India. Buku itu, pertama terbit pada 5...

Tottenham Angkat Ledley King Jadi Asisten Tim Utama

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA -- Tottenham telah mengonfirmasi bahwa mantan kapten klub Ledley King ditunjuk sebagai asisten tim utama untuk membantu tugas pelatih Jose Mourinho. Mantan bek berusia 39 tarikh tersebut diangkat sebagai...

Recent Comments