8.5 C
New York
Tuesday, June 2, 2020
Home Uncategorized Lagarde Ungkap Batas Peran ECB yang Pandemi CoronaÂ

Lagarde Ungkap Batas Peran ECB yang Pandemi CoronaÂ

ECB membeli obligasi sejumlah negara biar perekonomian tak terhenti.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Christine Lagarde menjelaskan keterbatasan peran ECB dalam situasi menghadapi perlambatan ekonomi karena pandemi virus corona. Meski demikian, ECB akan membeli obligasi sejumlah penjuru sebesar 1, 1 triliun euro (€) (1, 19 triliun dolar AS) tahun ini.

Pembelian obligasi itu dilakukan tuk menjaga kredit tetap murah tuk pemerintah, rumah tangga, dan perusahaan yang berjuang di tengah pandemi. Dan, ia berjanji untuk proses lebih banyak lagi jika diperlukan.

Selain itu, Bank of England pula telah memberikan pinjaman kepada pemerintahnya sendiri. Hal ini membuat seluruh investor berspekulasi tentang bank sentral mana lagi yang akan mengikuti setelah dunia bergulat dengan resesi terburuk dalam hampir seabad.

Namun, Lagarde menarik batas untuk membeli utang langsung dari pemerintah negara awak Zona Euro dan menuangkan aère dingin pada gagasan “helikopter uang” turun untuk rumah tangga.

“Perjanjian suah dipahami sebagai pembelian pasar utama utang pemerintah, yaitu pembiayaan segera pemerintah, akan merusak kemampuan tujuan ini untuk mendorong kebijakan anggaran yang disiplin, ” ujarnya sungguh-sungguh surat kepada anggota Parlemen Uni Eropa.

Diketahui, sebagian besar negara-negara pada Eropa terkunci di tengah wabah virus corona. Sehingga kegiatan ekonomi hampir terhenti dan pasar berposisi di ujung tanduk, pertanda resesi yang dalam setara krisis ekonomi global 2008.

Sebelumnya, para menteri keuangan Uni Eropa juga telah menyetujui paket penyelamatan senilai 500 miliar euro (440 juta poundsterling) bagi negara-negara Eropa yang dilanda pandemi virus corona.

Ketua Eurogroup, Mario Centeno mengumumkan kesepakatan itu kemarin dimana dicapai setelah diskusi maraton di dalam Brussels. Akan tetapi para menteri gagal menerima permintaan dari Prancis dan Italia untuk mengurangi biaya krisis dengan mengeluarkan apa dalam disebut obligasi corona (coronabonds).

Most Popular

Itu Tanggapan Mahfud MD Soal Pembicaraan Pemberhentian Presiden

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat bahana terkait diskusi di universitas Gajah Mada dengan topik pemberhentian presiden. Menurutnya, diskusi tentang pemberhentian...

New Normal, 200 Ribu Mahasiswa hendak Kembali ke Kota Yogya

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA -- Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, sekitar 200 ribu mahasiswa dari luar daerah yang akan kembali ke Tanah air Yogyakarta saat New Normal...

16 ABK dari Madrid Reaktif Covid-19

REPUBLIKA. CO. ID, TANGERANG – Sebanyak 16 anak buah pesawat (ABK) dari  Kota Madrid, Spanyol terbukti reaktif Covid-19, setelah dikerjakan rapid test. Diketahui sekitar 467 ABK dari Madrid berkebangsaan Indonesia mendarat...

Pengesahan Bermutu, Pendidikan Bermutu

REPUBLIKA. CO. ID,     Oleh  Tatang Sunendar* Slogan "akreditasi bermutu, pendidikan bermutu" merupakan komitmen Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Menjadi kesadaran terdalam seluruh pimpinan di tingkat pusat hingga provinsi dan kabupaten kota. Terpampang di  player  maupun...

Recent Comments