8.5 C
New York
Tuesday, June 2, 2020
Home Uncategorized Kemenperin Cari Solusi Pulihkan Sektor Pabrik di Tanah Air

Kemenperin Cari Solusi Pulihkan Sektor Pabrik di Tanah Air

Pelaku industri kini menghadapi perkara penundaan kontrak, hingga permintaan susut

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA–Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya mendorong pemulihan sektor industri pada dalam negeri yang terdampak Covid-19. Tujuannya agar roda perekonomian nasional tetap berputar.

Direktur Jenderal Industri Kimia Farmasi dan Tekstil (IKFT) Kemenperin Muhammad Khayam membuktikan, pandemi telah menghentikan sejumlah sektor industri. Pabrik pun menyetop operasionalnya dan terpaksa merumahkan karyawannya.

Beberapa persoalan yang dihadapi para pelaku industri saat itu, meliputi penundaan kontrak dan penghapusan pesanan, penurunan produksi dan pemasaran, hingga permintaan susut. “Bahkan datang ada yang terpaksa melakukan kontraksi pegawai akibat penurunan kapasitas produksi, ” ujar Khayam Rabu, (6/5).

Maka, lanjutnya, Kemenperin mencari solusi supaya kinerja industri manufaktur di Tanah Air ini segera membaik. Misal di zona industri agro, kementerian akan melaksanakan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait pemenuhan kebutuhan bahan baku industrinya.

Kemudian, memfasilitasi sekali lalu berkoordinasi terkait penyerapan produk pabrik agro di dalam negeri. Termasuk mendorong ekspor produk industri agro.

Pada sektor IKFT, kata dia, langkah yang akan dilakukan Kemenperin, meliputi pengadaan instrumen atau peralatan peningkatan produksi bakal baku jamu atau herbal berstandar atau fitofarmaka yang berkhasiat bagi daya tahan tubuh. Juga berfungsi untuk produksi antibodi dan pelega pernafasan.

Kemudian, sambung Khayam, Kemenperin melalukan verifikasi produsen bahan baku Alat Pelindung Diri (APD) dan bahan baku kedok. Sekaligus memfasilitasi supply-chain and business matching dengan produsen APD dan kedok.

Most Popular

Itu Tanggapan Mahfud MD Soal Pembicaraan Pemberhentian Presiden

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat bahana terkait diskusi di universitas Gajah Mada dengan topik pemberhentian presiden. Menurutnya, diskusi tentang pemberhentian...

New Normal, 200 Ribu Mahasiswa hendak Kembali ke Kota Yogya

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA -- Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, sekitar 200 ribu mahasiswa dari luar daerah yang akan kembali ke Tanah air Yogyakarta saat New Normal...

16 ABK dari Madrid Reaktif Covid-19

REPUBLIKA. CO. ID, TANGERANG – Sebanyak 16 anak buah pesawat (ABK) dari  Kota Madrid, Spanyol terbukti reaktif Covid-19, setelah dikerjakan rapid test. Diketahui sekitar 467 ABK dari Madrid berkebangsaan Indonesia mendarat...

Pengesahan Bermutu, Pendidikan Bermutu

REPUBLIKA. CO. ID,     Oleh  Tatang Sunendar* Slogan "akreditasi bermutu, pendidikan bermutu" merupakan komitmen Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Menjadi kesadaran terdalam seluruh pimpinan di tingkat pusat hingga provinsi dan kabupaten kota. Terpampang di  player  maupun...

Recent Comments