8.5 C
New York
Sunday, August 9, 2020
Home Uncategorized 44 Ribu Lebih KK di Praja Yogyakarta Peroleh Bantuan Tunai

44 Ribu Lebih KK di Praja Yogyakarta Peroleh Bantuan Tunai

Selama enam hari, Kantor Pos akan melakukan distribusi ke warga yang sudah terdaftar.

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA — Wakil Wali Tanah air Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, kira-kira 44. 703 ribu Kepala Tim (KK) terdampak Covid-19 akan menyambut bantuan Jaringan Pengaman Sosial di bentuk tunai. Jumlah tersebut sudah melalui pencocokan data dan potensi adanya KK yang menerima tumpuan dobel.

“Awalnya, data mencapai 53 ribu KK lebih. Terdiri dari data yang berasal dari DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos dan data KSJPS (KMS) milik Pemkot Yogyakarta, ” kata Heroe.

Dari 44 ribu lebih KK tersebut, yang memperoleh bantuan tunai sejak Kemensos terdiri dari 30. 889 KK. Sementara, 13. 814 KK menerima bantuan tunai dari Pemkot Yogyakarta.

Walaupun sejenis, pihaknya masih terus melakukan pencocokan data. Sehingga, ada kemungkinan bukti tersebut masih dapat berubah.

“Data ini masih bisa berubah karena proses penyisiran & pencocokan. Sampai saat ini, Pemkot Yogya masih melakukan penyisiran daya dobel ataupun penerima yang tidak tepat sasaran. Sehingga data tersebut akan terus mengalami perbaikan, ” ujarnya.

Ia merinci, bantuan dari Kemensos itu berisi dari bantuan langsung tunai (BLT) sebanyak 7. 893 KK. BLT ini dibagikan selama tiga kamar dengan jumlah Rp 600 seperseribu per bulannya yakni mulai April, Mei, dan Juni 2020.

“Sehingga, selama enam hari Kantor Pos akan melakukan bagian ke warga yang sudah terdaftar, ” jelasnya.

Bantuan Kemensos ini juga ada sebab program BPNT yang jumlahnya 11. 893 KK. Per KK hendak menerima BPNT ini selama 12 bulan dengan jumlah Rp 200 ribu per bulannya.

Selain itu, juga ada Agenda Keluarga Harapan (PKH) yang jumlahnya mencapai 3. 052 KK secara menerima Rp 200 ribu bola lampu bulan selama 12 bulan. Tercatat penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebanyak 8. 536 KK dengan menerima Rp 200 ribu selama sembilan bulan.

“Penerima KKS yaitu warga yang hadir DTKS. Tapi selama ini belum memperoleh program Kemensos dan menyambut bantuan mulai April, ” katanya.

Sementara itu, sandaran dari Pemkot Yogyakarta terdiri dibanding 5. 483 KSJPS (KMS) dengan belum menerima bantuan dari Kemensos. Termasuk warga terdampak lainnya yang sudah masuk dalam data kemiskinan di Yogyakarta yakni sebanyak 8. 331 KK.

“Data ini bisa berubah karena bila ditemukan dobel penerimaan bantuan, oleh sebab itu akan disaring lagi. Yang menerima bantuan pemkot, mendapatkan paket per Rp 1, 8 juta semasa tiga bulan yang mulai diterimakan pekan depan sesuai jadwal dari Dewan Pos Yogyakarta, ” ujar Heroe.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, sekitar 169 ribu KK calon penerima bantuan di semesta kabupaten dan kota di DIY. Data tersebut sudah divalidasi, tetapi harus dilakukan pengecekan kembali.

Hal ini dikarenakan tersedia KK yang seharusnya tidak menyambut, tetapi masuk dalam data penerima. Dari 169 ribu KK tersebut, diproyesikan hanya akan ada sekitar 150 ribu KK yang menerima bantuan di seluruh kabupaten serta kota di DIY.

“Masih ditemukan beberapa catatan, ada calon penerima yang tercatat berprofesi sebagai ASN, TNI/Polri, bahkan sinse yang sejatinya tidak masuk di dalam daftar. Ada pula kelompok dengan seharusnya tidak menerima data malah menerima, ” kata Aji.

Ia menjelaskan, ada bukti yang dikirimkan oleh pemerintah induk yakni tercatat sebanyak 130. 016 KK. Namun, data ini berbeda dengan data 169 KK yang sudah divalidasi sebelumnya.

“Nantinya kalau ditotal, penerima bansos di DIY ada sekitar 280 ribu KK atau dengan kata pendahuluan lain, menunjukkan jumlah masyarakat bapet yang ada di DIY. & kami diwanti-wanti acuannya DTKS saja, ” ujar Aji.

Pendistribusian bantuan ini akan dikerjakan secara serentak di seluruh kabuapten dan kota di DIY. Terpaut penerima yang berhak namun belum terdaftar, tetap akan mendapatkan tumpuan.

“Mengantisipasi adanya pihak yang belum terdaftar namun mempunyai, nantinya akan disusulkan pembagian termin kedua. Kami akan berkoordinasi melalaikan BPD DIY agar pembagiannya dapat dilakukan bersamaan, ” jelas Aji.

Most Popular

Karya besar Hamka dari Penjara

REPUBLIKA. CO. ID, Oleh Terlepas Ginting / Jurnalis Senior Republika   Dari balik jeruji penjara, seorang ulama menyelesaikan sebuah susunan besar. Tafsir Al-Azhar. Itulah lengah satu mahakarya dari Buya Hamka, yang ia kerjakan...

10 Ribu Tukik Dilepaskan di Pantai Saba Gianyar

REPUBLIKA. CO. ID, GIANYAR -- Sekda Kabupaten Gianyar memimpin pelepasan 10. 000 tukik pada kegiatan Bali Resik Sampah Plastik dan Pelepasan Tukik di Pantai Saba Gianyar, Daerah Saba Kecamatan Blahbatuh Gianyar, Sabtu...

Beda Mahatma Ghandi dan Ali Jinnah, Meski Keduanya Sahabat

REPUBLIKA. CO. ID,   Suatu buku berjudul 'Gandhi's Hinduism the Struggle against Jinnah's Islam' ada dari tangan M J Akbar, seorang jurnalis dan politisi pokok India. Buku itu, pertama terbit pada 5...

Tottenham Angkat Ledley King Jadi Asisten Tim Utama

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA -- Tottenham telah mengonfirmasi bahwa mantan kapten klub Ledley King ditunjuk sebagai asisten tim utama untuk membantu tugas pelatih Jose Mourinho. Mantan bek berusia 39 tarikh tersebut diangkat sebagai...

Recent Comments