8.5 C
New York
Tuesday, October 27, 2020
Home Uncategorized MUI Kalbar: Pemda Penentu Masjid Pantas Sholat Idul Fitri

MUI Kalbar: Pemda Penentu Masjid Pantas Sholat Idul Fitri

REPUBLIKA. CO. ID, PONTIANAK— Menawan Ulama Indonesia Provinsi Kalmantan Barat menyatakan pemerintah daerahlah yang memiliki wewenang dalam menentukan tempat ataupun daerah mana saja yang bisa menyelenggarakan sholat Idul Fitri 1441 H di tengah wabah Covid-19 ini.

“Kami dari MUI hanya memberi tuntunan pelaksanaan takbir dan sholat Idul Fitri, sedangkan boleh tidaknya menyelenggarakan adalah pihak yg berwenang, yaitu pemda, bersandarkan pengamatan dinas kesehatan, ” perkataan Ketua MUI Kalbar, KH M Basri HAR, di Pontianak, Ahad.

Dia menambahkan bahwa secara umum untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri, telah ada fatwa MUI dengan Nomor 28 Tahun 2020 sebagai dasar atau acuan.

“Secara terperinci dalam fatwa MUI yang ada tersebut sudah menjelaskan dan menggambarkan apa selalu yang mesti diikuti atau dikerjakan umat, ” kata dia.

Sejauh tersebut pihaknya tidak memiliki data seberapa banyak dan masjid mana sekadar yang akan menyelenggarakan sholat Idul Fitri.

Dia menyatakan MUI tidak memiliki data masjid-masjid yang melaksanakan sholat Idul Fittri. Sebagai gambaran, untuk Masjid Raya Mujahidin Pontianak sendiri belum melaksanakan Jumatan dan serupa sholat Idul Fitri karena Kota Pontianak termasuk zona merah.

Terkait alat pelindung diri (APD) bagi badan atau pengurus masjid di Kalbar, pihaknya tengah mendistribusikan 20 seperseribu masker kepada panitia atau pengurus masjid yang menyelenggarakan sholat Idul Fitri. Masker tersebut merupakan tumpuan dari Kamar Dagang dan Pabrik (Kadin) Kalbar.

Pihaknya terus mengimbau umat untuk bersama mencegah penyebaran pagebluk Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan tubuh, yakni dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. “Mari bersama menjaga diri dengan selalu memakai masker ketika keluar rumah, rajin membasuh tangan, jaga jarak sosial dan lainnya, ” kata dia.

sumber: Antara

Berita Yang lain

Most Popular

Venue Akuatik Olimpiade Tokyo Diresmikan

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA --  Gubernur Tokyo Yuriko Koike secara resmi membuka venue akuatik yang akan digunakan buat Olimpiade tahun depan, Sabtu (24/10). Dilansir Reuters, Sabtu (24/10), peresmian venue akuatik seharusnya dilakukan dalam...

Transportasi Pelanggar Protokol Kesehatan Dikenai Hukuman

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Gajah Perhubungan Budi Karya Sumadi menguatkan akan menyiapkan sanksi bagi operator transportasi yang tidak mematuhi aturan kesehatan saat operasional libur lama Oktober 2020. Dia menegaskan, Kemenhub...

Gubernur Jabar Tinjau Simulasi Vaksinasi Covid-19 di Depok

REPUBLIKA. CO. ID,   DEPOK -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, didampingi Pjs Wali Kota Depok, Dedi Supandi, meninjau kegiatan simulasi vaksin Covid-19 di Puskesmas Tapos, Kota Depok, Kamis (22/10). Selain itu, mereka...

Berkali-Kali Jatuh dari Sepeda, Wulan Guritno tak Kapok

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Sejak duduk dalam bangku SMP, Wulan Guritno sudah hobi berolahraga. Perempuan yang saat ini dikenal sebagai aktris dan cara itu melakukannya demi kesehatan, tidak karena ingin mencapai...

Recent Comments


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/helpmetosleep/public_html/wp-includes/functions.php on line 4669