8.5 C
New York
Sunday, May 31, 2020
Home Uncategorized MUI Kalbar: Pemda Penentu Masjid Pantas Sholat Idul Fitri

MUI Kalbar: Pemda Penentu Masjid Pantas Sholat Idul Fitri

REPUBLIKA. CO. ID, PONTIANAK— Menawan Ulama Indonesia Provinsi Kalmantan Barat menyatakan pemerintah daerahlah yang memiliki wewenang dalam menentukan tempat ataupun daerah mana saja yang bisa menyelenggarakan sholat Idul Fitri 1441 H di tengah wabah Covid-19 ini.

“Kami dari MUI hanya memberi tuntunan pelaksanaan takbir dan sholat Idul Fitri, sedangkan boleh tidaknya menyelenggarakan adalah pihak yg berwenang, yaitu pemda, bersandarkan pengamatan dinas kesehatan, ” perkataan Ketua MUI Kalbar, KH M Basri HAR, di Pontianak, Ahad.

Dia menambahkan bahwa secara umum untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri, telah ada fatwa MUI dengan Nomor 28 Tahun 2020 sebagai dasar atau acuan.

“Secara terperinci dalam fatwa MUI yang ada tersebut sudah menjelaskan dan menggambarkan apa selalu yang mesti diikuti atau dikerjakan umat, ” kata dia.

Sejauh tersebut pihaknya tidak memiliki data seberapa banyak dan masjid mana sekadar yang akan menyelenggarakan sholat Idul Fitri.

Dia menyatakan MUI tidak memiliki data masjid-masjid yang melaksanakan sholat Idul Fittri. Sebagai gambaran, untuk Masjid Raya Mujahidin Pontianak sendiri belum melaksanakan Jumatan dan serupa sholat Idul Fitri karena Kota Pontianak termasuk zona merah.

Terkait alat pelindung diri (APD) bagi badan atau pengurus masjid di Kalbar, pihaknya tengah mendistribusikan 20 seperseribu masker kepada panitia atau pengurus masjid yang menyelenggarakan sholat Idul Fitri. Masker tersebut merupakan tumpuan dari Kamar Dagang dan Pabrik (Kadin) Kalbar.

Pihaknya terus mengimbau umat untuk bersama mencegah penyebaran pagebluk Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan tubuh, yakni dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. “Mari bersama menjaga diri dengan selalu memakai masker ketika keluar rumah, rajin membasuh tangan, jaga jarak sosial dan lainnya, ” kata dia.

sumber: Antara

Berita Yang lain

Most Popular

New Normal, 200 Ribu Mahasiswa hendak Kembali ke Kota Yogya

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA -- Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, sekitar 200 ribu mahasiswa dari luar daerah yang akan kembali ke Tanah air Yogyakarta saat New Normal...

16 ABK dari Madrid Reaktif Covid-19

REPUBLIKA. CO. ID, TANGERANG – Sebanyak 16 anak buah pesawat (ABK) dari  Kota Madrid, Spanyol terbukti reaktif Covid-19, setelah dikerjakan rapid test. Diketahui sekitar 467 ABK dari Madrid berkebangsaan Indonesia mendarat...

Pengesahan Bermutu, Pendidikan Bermutu

REPUBLIKA. CO. ID,     Oleh  Tatang Sunendar* Slogan "akreditasi bermutu, pendidikan bermutu" merupakan komitmen Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Menjadi kesadaran terdalam seluruh pimpinan di tingkat pusat hingga provinsi dan kabupaten kota. Terpampang di  player  maupun...

Apindo: Butuh Waktu Dua Bulan Adaptasi dengan New Normal

REPUBLIKA. CO. ID, SOLO -- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Surakarta menyambut cara wacana new normal atau biasa baru yang disiapkan oleh negeri pusat dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19. Namun, menurut Apindo,...

Recent Comments