8.5 C
New York
Tuesday, June 2, 2020
Home Uncategorized Telah 57 Warga Padang Sembuh dibanding Covid-19

Telah 57 Warga Padang Sembuh dibanding Covid-19

Dalam seminggu terakhir jumlah warga yang sembuh mencapai 17 orang.

REPUBLIKA. CO. ID, MEDAN — Dinas Kesehatan Kota Medan mencatat total warga terinfeksi Corona Virus Disease (Covid-19) yang sudah dinyatakan sembuh hingga 18 Mei 2020 mencapai 57 orang. “Dari 262 terkonfirmasi positif, sebanyak 57 orang dinyatakan sembuh hingga zaman ini, ” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Ferimulyani Hamid di Padang, Senin (18/5).

Berdasarkan data yang dihimpun, dalam sepekan terakhir total warga yang sembuh mencapai 17 orang. Pasien yang telah dinyatakan sembuh telah melalui dua kali tes swab untuk memastikan tidak ada lagi virus di tubuhnya. Setelah dinyatakan sembuh yang bergandengan sudah bisa berinteraksi dan beraktivitas sebagaimana biasa.

Ia menjelaskan minimal butuh waktu 14 hari untuk seseorang dapat dinyatakan sembuh sejak pertama kali terkena. “Ini juga tergantung daya awet tubuh yang membentuk antibodi buat melawan virus tersebut, ” logat dia.

Ia mengirimkan kesembuhan pasien tersebut juga berkat kemauan untuk sembuh serta tekad kuat agar terbebas dari virus corona.

Selain itu, pasien yang berhasil sembuh selalu mampu meningkatkan daya tubuh, mau mengonsumsi makanan yang bergizi & dianjurkan, serta minum obat yang disarankan. Pasien juga mampu menghindari stres ketika dinyatakan positif Covid-19.

Sementara hingga 18 Mei 2020 terdapat 1. 989 pelaku perjalanan dari daerah terkena, 193 orang tanpa gejala, 739 orang dalam pemantauan, 202 pasien dalam pengawasan, 262 positif, 16 meninggal, dan 104 negatif. Sejak 262 pasien positif 98 dirawat, 40 isolasi mandiri dan 51 karantina.

Ia menyampaikan virus corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi efeknya akan bertambah berbahaya atau bahkan fatal masa terjadi pada orang lanjut usia, ibu hamil, orang yang medium sakit, atau orang yang daya tahan tubuhnya lemah.

Adapun saran penularan meliputi tidak sengaja menghirup percikan ludah lantaran bersin atau batuk penderita Covid-19 dan memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu setelah menyentuh benda yang tersentuh cipratan air liur penderita Covid-19.

Selain itu relasi jarak dekat dengan penderita Covid-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan.

Kemudian ia mengimbau semua warga tidak hanya di zona merah namun semua provinsi untuk sementara waktu tidak berjalan ke tempat umum.

“Kalau pun terpaksa harus berjalan usahakan pakai masker, kita tak pernah tahu ada orang dengan ternyata pembawa virus namun minus gejala, ” katanya.

sumber: Jarang

Most Popular

Itu Tanggapan Mahfud MD Soal Pembicaraan Pemberhentian Presiden

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat bahana terkait diskusi di universitas Gajah Mada dengan topik pemberhentian presiden. Menurutnya, diskusi tentang pemberhentian...

New Normal, 200 Ribu Mahasiswa hendak Kembali ke Kota Yogya

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA -- Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, sekitar 200 ribu mahasiswa dari luar daerah yang akan kembali ke Tanah air Yogyakarta saat New Normal...

16 ABK dari Madrid Reaktif Covid-19

REPUBLIKA. CO. ID, TANGERANG – Sebanyak 16 anak buah pesawat (ABK) dari  Kota Madrid, Spanyol terbukti reaktif Covid-19, setelah dikerjakan rapid test. Diketahui sekitar 467 ABK dari Madrid berkebangsaan Indonesia mendarat...

Pengesahan Bermutu, Pendidikan Bermutu

REPUBLIKA. CO. ID,     Oleh  Tatang Sunendar* Slogan "akreditasi bermutu, pendidikan bermutu" merupakan komitmen Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Menjadi kesadaran terdalam seluruh pimpinan di tingkat pusat hingga provinsi dan kabupaten kota. Terpampang di  player  maupun...

Recent Comments