8.5 C
New York
Thursday, August 13, 2020
Home Uncategorized Beban Cukai Kudus Ungkap Rokok Ilegal di Tengah Pandemi

Beban Cukai Kudus Ungkap Rokok Ilegal di Tengah Pandemi

Total rokok yang diamankan sebesar 240 ribu batang rokok ilegal

REPUBLIKA. CO. ID, KUDUS — Kantor Perlindungan dan Pelayanan Bea dan Tol (KPPBC) Tipe Madya Cukai Suci, Jawa Tengah, tetap melakukan tugas pengawasan terhadap kemungkinan adanya peredaran rokok ilegal di tengah pandemi penyakit virus corona. Ini menyusul terungkapnya kasus rokok ilegal, Sabtu (13/6).

“Pengungkapan urusan peredaran rokok ilegal, berlokasi dalam jalan alternatif Jepara-Demak, ” logat Kepala KPPBC Tipe Madya Kudus Gatot Sugeng Wibowo di Kudus, Ahad (14/6).

Ia mengungkapkan pencegahan pengiriman rokok ilegal tersebut, merupakan hasil pengembangan pada informasi yang diperoleh. Setelah menerjunkan tim di lapangan, akhirnya menemukan mobil yang dicurigai membawa rokok ilegal.

Hasil pemeriksaan awal terhadap mobil yang mengangkut barang, ditemukan rokok siap memutar jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) yang tidak dilekati pita tol, kemudian diamankan. Total rokok yang diamankan sebanyak 240 ribu batang rokok ilegal dengan merek PUNCAK RASA dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp 244, 8 juta.

Mobil dan semesta barang bukti selanjutnya dibawa aparat ke Kantor Bea Cukai Suci untuk dilakukan pengamanan dan penjagaan lebih lanjut.

Urusan serupa yang berhasil diungkap pada tengah pandemi Covid-19, yakni di 30 April 2020 berhasil mengungkap pelanggaran rokok ilegal di Pekerjaan Lingkar Demak-Jepara dengan menghentikan organ bak terbuka.

Bahan bukti yang ditemukan sebanyak 29 karton berisi rokok ilegal macam Sigaret Kretek Mesin (SKM) sebesar 464 ribu batang yang ditaksir nilai barangnya sebesar Rp 473. 280. 000, sedangkan potensi kesusahan yang berhasil diselamatkan sebesar Rp 275. 300. 480.

Dengan adanya pengungkapkan kasus terbaru pekan ini, maka tercatat sebanyak 44 kasus yang berhasil diungkap selama semester pertama tahun 2020.

Dengan digagalnya pengiriman rokok ilegal sebanyak 240 seperseribu batang tersebut, maka tim KPPBC Kudus berhasil menyelamatkan keuangan negeri dari potensi kerugian sebesar Rp 142, 39 juta.

Most Popular

Isolasi dan Masker Berperan Kendalikan Flu Spanyol

REPUBLIKA. CO. ID, SURABAYA -- Antropolog Universitas Airlangga Surabaya Toetik Koesbiarti menyatakanisolasi mandiri, menjaga kejernihan dan penggunaan masker turut berlaku penting dalam pengendalian Flu Spanyol yang mewabah di Jawa Timur pada...

Jalan Keras Lazio Perpanjang Kontrak Simone Inzaghi

REPUBLIKA. CO. ID,   ROMA -- Manajemen SS Lazio kian aman dengan servis Simone Inzaghi. Persatuan ibu kota Italia itu terus berupaya memperpanjang kontrak sang guru. Dalam beberapa bulan terakhir, ke-2 kubu bernegosiasi. Namun...

Kepala BPJPH Persoalkan Tarif Rp 5 Juta bagi Auditor Halal

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Kepala Badan Penyelenggara Agunan Produk Halal (BPJPH) Sukoso menyuarakan ada biaya yang besar bagi calon auditor halal untuk mengikuti sertifikasi profesi di Lembaga Sertifikasi Profesi Majelis Ulama...

Karya besar Hamka dari Penjara

REPUBLIKA. CO. ID, Oleh Terlepas Ginting / Jurnalis Senior Republika   Dari balik jeruji penjara, seorang ulama menyelesaikan sebuah susunan besar. Tafsir Al-Azhar. Itulah lengah satu mahakarya dari Buya Hamka, yang ia kerjakan...

Recent Comments