8.5 C
New York
Tuesday, October 27, 2020
Home Uncategorized Pengamat: Calon Kapolri Harus Paham Demokrasi Sipil

Pengamat: Calon Kapolri Harus Paham Demokrasi Sipil

Pengamat menghargai ada lima kriteria yang kudu dimiliki calon kapolri.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens menyebut substitusi Idham Azis sebagai Kapolri, setidaknya harus memiliki lima kriteria. Antaralain, calon Kapolri harus merupakan wujud yang nasionalis dan paham demokrasi sipil.

“Menghadapi gejolak sosial-politik yang terus berlangsung entah di daerah ataupun nasional memang memerlukan figur yang kuat dalam prinsip dan tegas pada bertindak, ” kata Boni Hargen setelah dikonfirmasi, Selasa (16/6).

Dia melanjutkan, kriteria yang lain adalah Polri membutuhkan pimpinan yang dapat memperkuat kerjasama lintas sektoral, koordinasi antar agensi dengan Prajurit Nasional Indonesia (TNI), termasuk dengan Badan Intelijen Negara (BIN). Menurutnya, hal itu agar ada sinergi dalam merespons ancaman, tantangan, larangan, dan gangguan yang muncul.

Boni berpendapat, kapolri yang baru juga harus melanjutkan prestasi beberapa kapolri sebelumnya. Termasuk berlanjut dia, prestasi Idham Azis dalam memerangi kejahatan besar seperti konsorsium narkoba dan perdagangan manusia.

Menurutnya, kepolisian juga harus menangkap tidak hanya para karakter dalam negeri. Lanjutnya, diperlukan kerjasama dengan yurisdiksi internasional untuk menangkap jaringan luar negeri.

“Ke depan, perlu ada terobosan baru dalam dua kejahatan gede itu karena generasi muda keluarga ini harus diselamatkan dari naas narkoba, ” katanya.

Dia meneruskan, kriteria selanjutnya dengan harus dimiliki kapolri baru yakni memiliki potensi akseptabilitas yang memadai dari internal kepolisian. Dia mengatakan, dengan begitu manajemen di internal Korps Bhayangkara dari tingkat pusat hingga daerah bisa berjalan baik.

Kriteria terakhir, kapolri baru harus sosok yang sejalan dengan visi dan misi penegakan hukum pemerintah. Menurutnya, TNI dan Polri selalu menjadi kekuatan utama yang menopang keamanan dalam berbagai gejolak yang terjadi di tengah masyarakat dalam era pemerintahan saat ini.

“Apalagi 2024 akan menjadi titik balik yang cukup menegangkan bagi hidup berdemokrasi kita sebagai bangsa, ” katanya.

Most Popular

Venue Akuatik Olimpiade Tokyo Diresmikan

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA --  Gubernur Tokyo Yuriko Koike secara resmi membuka venue akuatik yang akan digunakan buat Olimpiade tahun depan, Sabtu (24/10). Dilansir Reuters, Sabtu (24/10), peresmian venue akuatik seharusnya dilakukan dalam...

Transportasi Pelanggar Protokol Kesehatan Dikenai Hukuman

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Gajah Perhubungan Budi Karya Sumadi menguatkan akan menyiapkan sanksi bagi operator transportasi yang tidak mematuhi aturan kesehatan saat operasional libur lama Oktober 2020. Dia menegaskan, Kemenhub...

Gubernur Jabar Tinjau Simulasi Vaksinasi Covid-19 di Depok

REPUBLIKA. CO. ID,   DEPOK -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, didampingi Pjs Wali Kota Depok, Dedi Supandi, meninjau kegiatan simulasi vaksin Covid-19 di Puskesmas Tapos, Kota Depok, Kamis (22/10). Selain itu, mereka...

Berkali-Kali Jatuh dari Sepeda, Wulan Guritno tak Kapok

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Sejak duduk dalam bangku SMP, Wulan Guritno sudah hobi berolahraga. Perempuan yang saat ini dikenal sebagai aktris dan cara itu melakukannya demi kesehatan, tidak karena ingin mencapai...

Recent Comments


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/helpmetosleep/public_html/wp-includes/functions.php on line 4669