8.5 C
New York
Friday, July 10, 2020
Home Uncategorized Anjuran Waktu untuk Bersiwak (1)

Anjuran Waktu untuk Bersiwak (1)

Bersiwak bisa mendatangkan keridhaan Allah.

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Syekh Abdullah Al Ju’aitsan dalam bukunya yang berjudul Memandu Nabi SAW Sehari menuliskan, siwak yang menggunakan tangkai pohon arak untuk membersihkan gigi akan mendatangkan ridho dari Allah SWT. Dalam salah satu sejarah, Nabi bersabda:

“Siwak dapat membersihkan mulut dan menimbulkan keridhaan Allah. ” (HR Bukhari)

Menurut Syekh Abdullah, di dalamnya terdapat hikmah dengan besar. Yaitu, ketaatan terhadap arahan Nabi.

“Ia mau mendatangkan keridhaan Allah dan menyapu mulut, hingga disunnahkan setiap masa. Apa ruginya jika anda selalu menyikatnya pada gigi dan lidah anda hingga ia membersihkan menduri dan mendatangkan ridha Allah, ” kata tulis Syekh Abdullah.

Siwak ditekankan dalam kira-kira keadaan. Di antaranya:

Pada setiap kali shalat

Sebagaimana disebutkan dalam hadits Muttafaq Alaih, Nabi bersabda:

“Sekiranya tak memberatkan umatku, sunggu aku mau memberintahkan mereka bersiwak setiap kali shalat. ”

Namun, karena khawatir akan memberatkan, Nabi tidak mewajibkan kepada umat. Tetapi, Sebagian ilmuwan memahami sebagian nash yang menerangkan tentang penekanan siwak. Ini menjadi bukti pentingnya bersiwak ketika hendak mengerjakan shalat.

Ketika wudhu

JIka seseorang ingin mengerjakan wudhu, pasti didahului secara berkumur (ketika itulah siwak dilakukan). Nabi bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Malik, Imam Syafii, dan Imam Baihaqi:

“Sekiranya tidak memberatkan atas umatku, tentu aku sudah memerintahkan pada mereka agar bersiwak pada setiap kali berwudhu. ”

Ketika memasuki rumah

Setiap kali seseorang memasuki rumahnya, disunnahkan baginya menyelenggarakan dengan bersiwak. Ini dicontohkan sebab Nabi ketika memasuki rumahnya. Diriwayatkan dari Miqdam bin Syuraih dibanding ayahnya (Syuraih), dia berkata, “Saya bertanya kepada Aisyah Rha, dengan apa Rasulullah memulai ketika mengakar ke rumahnya? ”

Aisyah menjawab, “Dengan siwak. ” (HR Muslim)
Data HK

Most Popular

Karakter Pelecehan Seksual Dijatuhi Hukuman Cambuk di Aceh

REPUBLIKA. CO. ID,   NAGAN RAYA -- Kejaksaan Jati Nagan Raya, Provinsi Aceh, Jumat, melakukan eksekusi hukuman cambuk terhadap DM (43), warga sebuah dukuh di Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, karena terbukti melakukan...

Pungutan Yogyakarta-Solo Ditargetkan Mulai Dibangun pada 2022

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA -- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menargetkan pembangunan fisik rencana Jalan Tol Yogyakarta-Solo dimulai pada 2022. Terkait pembebasan lahan seharusnya sudah selesai pada...

Font Diriyah, Huruf Bersejarah yang Dihidupkan Kembali

REPUBLIKA. CO. ID, RIYADH -- Font atau ragam huruf baru yang memiliki inspirasi secara historis akan digunakan jadi bagian dari jenis huruf digital untuk salah satu proyek utama Arab Saudi. Dilansir di Arab...

Cara Menumbuhkan Manajemen Kemenangan Keahlian Modal Anda

Data SGP - Ini bisa menjadi masalah besar bukan hanya dari keluarga dan teman-teman tetapi juga orang asing. Mereka mencetak semua fitur...

Recent Comments