8.5 C
New York
Wednesday, August 12, 2020
Home Uncategorized Yogyakarta Siapkan Protokol Penjualan Hewan QurbanÂ

Yogyakarta Siapkan Protokol Penjualan Hewan QurbanÂ

Hewan qurban dengan masuk Yogyakarta harus dimandikan.

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA — Wakil Wali Tanah air Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan tengah menyiapkan protokol kesehatan terkait penjualan dan penyembelihan hewan qurban. Aturan ini disiapkan dalam rangka menuju Idul Adha, pada akhir Juli nanti.

Heroe menyebut, hewan qurban mayoritas berasal dari luar Praja Yogyakarta. Untuk itu, hewan qurban yang masuk harus dalam kondisi yang bersih.

Terutama, tali pengikat hewan kurban harus dipastikan bersih. Heroe menyebut, hal tersebut berpotensi menjadi media penularan Covid-19.

“Hewan-hewan tersebut juga harus dimandikan, sehingga saat masuk di Kota Yogyakarta kondisinya sudah bersih sejak kotoran, termasuk talinya. Sehingga harapannya tidak menjadi media penularan, ” kata Heroe, Senin (6/7).

Selain itu, panitia pengelola penyembelihan hewan di Kota Yogyakarta diwajibkan memiliki Satgas Covid-19. Satgas ini nantinya yang bertugas mengatur dan menyusun protokol-protokol dalam jalan penyembelihan hewan kurban.

“Setiap panitia penyelenggara penyembelihan hewan kurban harus punya Satgas Covid-19. Dia harus mengatur perjalanan hewan, pemotongan daging, proses memasukkan ke kantong hingga pembagian daging, ” ujarnya.

Satgas Covid-19 ini, kata Heroe, juga bertanggung jawab meminimalisasi interaksi saat cara penyembelihan hewan qurban . “Kalau mereka tidak memiliki ruang, maka tidak diperkenankan melakukan pemotongan, ” ujar Heroe.

Most Popular

Isolasi dan Masker Berperan Kendalikan Flu Spanyol

REPUBLIKA. CO. ID, SURABAYA -- Antropolog Universitas Airlangga Surabaya Toetik Koesbiarti menyatakanisolasi mandiri, menjaga kejernihan dan penggunaan masker turut berlaku penting dalam pengendalian Flu Spanyol yang mewabah di Jawa Timur pada...

Jalan Keras Lazio Perpanjang Kontrak Simone Inzaghi

REPUBLIKA. CO. ID,   ROMA -- Manajemen SS Lazio kian aman dengan servis Simone Inzaghi. Persatuan ibu kota Italia itu terus berupaya memperpanjang kontrak sang guru. Dalam beberapa bulan terakhir, ke-2 kubu bernegosiasi. Namun...

Kepala BPJPH Persoalkan Tarif Rp 5 Juta bagi Auditor Halal

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Kepala Badan Penyelenggara Agunan Produk Halal (BPJPH) Sukoso menyuarakan ada biaya yang besar bagi calon auditor halal untuk mengikuti sertifikasi profesi di Lembaga Sertifikasi Profesi Majelis Ulama...

Karya besar Hamka dari Penjara

REPUBLIKA. CO. ID, Oleh Terlepas Ginting / Jurnalis Senior Republika   Dari balik jeruji penjara, seorang ulama menyelesaikan sebuah susunan besar. Tafsir Al-Azhar. Itulah lengah satu mahakarya dari Buya Hamka, yang ia kerjakan...

Recent Comments