8.5 C
New York
Wednesday, August 12, 2020
Home Uncategorized Mufti Mesir: Konversi Hagia Sophia tak Dibolehkan Islam

Mufti Mesir: Konversi Hagia Sophia tak Dibolehkan Islam

Mufti Mesir menilai konversi Hagia Shophia tak diperbolehkan menurut Islam.

REPUBLIKA. CO. ID, KAIRO – Mufti Agung Dar Al-Ifta Mesir, Syekh Syauqi Allam, angkat bicar terkait dengan transformasi Hagia Sophia.

Dalam wawancara di televisi, Allam mengatakan bahwa langkah konversi dengan dilakukan Turki tersebut tidak diizinkan dalam Islam.

“Kami, sebagai Muslim, diperintahkan untuk melestarikan gereja. Nabi Muhammad SAW selalu merekomendasikan dalam perang untuk tak menghancurkan kuil atau membunuh biksu, ” kata Allam seperti dikutip dari Ahval News , Senin (20/7).

Dia mengatakan gereja dan langgar harus dilestarikan di seluruh dunia, seperti yang terjadi selama keseluruhan sejarah Mesir. Allam merujuk pada fatwa Laith bin Saad Fakih dari Mesir yang memerintah kalau gereja adalah bagian dari rancang bangun bumi dalam Islam.

Sebelumnya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendeklarasikan Hagia Sophia sebagai masjid pada 10 Juni 2020 lalu. Hal itu setelah pengadilan tinggi membatalkan konversi situs kuno abad ke-6 ke museum oleh pendiri Turki modern, Mustafa Kemal Atatürk.

Soal anggapan asing mengenai pembukaan Hagia Sophia untuk tempat ibadah, Erdogan mengucapkan reaksi dari luar negeri tidak akan mengganggu keputusan Turki dengan sudah bulat.

“Beberapa dari mereka (pihak asing) telah berbicara dengan saya. Saya sudah memberikan jawaban yang diperlukan mereka. Biarkan saja, pandangan positif dan negatif (pasti ada), keputusan Hagia Sophia ini adalah masalah kedaulatan kami, ” tutur dia.

Dengan kata lain, sebut Erdogan, pengembalian status Hagia Sophia menjadi masjid setelah jeda 86 tahun adalah hak paling alami bangsa Turki. “Keputusan ini tak hanya penting bagi Turki, namun penting bagi dunia Islam, ” ujar Erdogan.

Most Popular

Isolasi dan Masker Berperan Kendalikan Flu Spanyol

REPUBLIKA. CO. ID, SURABAYA -- Antropolog Universitas Airlangga Surabaya Toetik Koesbiarti menyatakanisolasi mandiri, menjaga kejernihan dan penggunaan masker turut berlaku penting dalam pengendalian Flu Spanyol yang mewabah di Jawa Timur pada...

Jalan Keras Lazio Perpanjang Kontrak Simone Inzaghi

REPUBLIKA. CO. ID,   ROMA -- Manajemen SS Lazio kian aman dengan servis Simone Inzaghi. Persatuan ibu kota Italia itu terus berupaya memperpanjang kontrak sang guru. Dalam beberapa bulan terakhir, ke-2 kubu bernegosiasi. Namun...

Kepala BPJPH Persoalkan Tarif Rp 5 Juta bagi Auditor Halal

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Kepala Badan Penyelenggara Agunan Produk Halal (BPJPH) Sukoso menyuarakan ada biaya yang besar bagi calon auditor halal untuk mengikuti sertifikasi profesi di Lembaga Sertifikasi Profesi Majelis Ulama...

Karya besar Hamka dari Penjara

REPUBLIKA. CO. ID, Oleh Terlepas Ginting / Jurnalis Senior Republika   Dari balik jeruji penjara, seorang ulama menyelesaikan sebuah susunan besar. Tafsir Al-Azhar. Itulah lengah satu mahakarya dari Buya Hamka, yang ia kerjakan...

Recent Comments