8.5 C
New York
Saturday, October 24, 2020
Home Uncategorized Mufti Mesir: Konversi Hagia Sophia tak Dibolehkan Islam

Mufti Mesir: Konversi Hagia Sophia tak Dibolehkan Islam

Mufti Mesir menilai konversi Hagia Shophia tak diperbolehkan menurut Islam.

REPUBLIKA. CO. ID, KAIRO – Mufti Agung Dar Al-Ifta Mesir, Syekh Syauqi Allam, angkat bicar terkait dengan transformasi Hagia Sophia.

Dalam wawancara di televisi, Allam mengatakan bahwa langkah konversi dengan dilakukan Turki tersebut tidak diizinkan dalam Islam.

“Kami, sebagai Muslim, diperintahkan untuk melestarikan gereja. Nabi Muhammad SAW selalu merekomendasikan dalam perang untuk tak menghancurkan kuil atau membunuh biksu, ” kata Allam seperti dikutip dari Ahval News , Senin (20/7).

Dia mengatakan gereja dan langgar harus dilestarikan di seluruh dunia, seperti yang terjadi selama keseluruhan sejarah Mesir. Allam merujuk pada fatwa Laith bin Saad Fakih dari Mesir yang memerintah kalau gereja adalah bagian dari rancang bangun bumi dalam Islam.

Sebelumnya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendeklarasikan Hagia Sophia sebagai masjid pada 10 Juni 2020 lalu. Hal itu setelah pengadilan tinggi membatalkan konversi situs kuno abad ke-6 ke museum oleh pendiri Turki modern, Mustafa Kemal Atatürk.

Soal anggapan asing mengenai pembukaan Hagia Sophia untuk tempat ibadah, Erdogan mengucapkan reaksi dari luar negeri tidak akan mengganggu keputusan Turki dengan sudah bulat.

“Beberapa dari mereka (pihak asing) telah berbicara dengan saya. Saya sudah memberikan jawaban yang diperlukan mereka. Biarkan saja, pandangan positif dan negatif (pasti ada), keputusan Hagia Sophia ini adalah masalah kedaulatan kami, ” tutur dia.

Dengan kata lain, sebut Erdogan, pengembalian status Hagia Sophia menjadi masjid setelah jeda 86 tahun adalah hak paling alami bangsa Turki. “Keputusan ini tak hanya penting bagi Turki, namun penting bagi dunia Islam, ” ujar Erdogan.

Most Popular

Transportasi Pelanggar Protokol Kesehatan Dikenai Hukuman

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Gajah Perhubungan Budi Karya Sumadi menguatkan akan menyiapkan sanksi bagi operator transportasi yang tidak mematuhi aturan kesehatan saat operasional libur lama Oktober 2020. Dia menegaskan, Kemenhub...

Gubernur Jabar Tinjau Simulasi Vaksinasi Covid-19 di Depok

REPUBLIKA. CO. ID,   DEPOK -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, didampingi Pjs Wali Kota Depok, Dedi Supandi, meninjau kegiatan simulasi vaksin Covid-19 di Puskesmas Tapos, Kota Depok, Kamis (22/10). Selain itu, mereka...

Berkali-Kali Jatuh dari Sepeda, Wulan Guritno tak Kapok

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Sejak duduk dalam bangku SMP, Wulan Guritno sudah hobi berolahraga. Perempuan yang saat ini dikenal sebagai aktris dan cara itu melakukannya demi kesehatan, tidak karena ingin mencapai...

Ini Mengapa KPU Bawaslu Harus Oleh sebab itu Wasit Super Tegas

REPUBLIKA. CO. ID, oleh Mimi Kartika, Dessy Suciati SaputriPelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) tak hanya penuh kekhawatiran akan pengingkaran protokol kesehatan. Pelanggaran ketentuan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada juga...

Recent Comments


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/helpmetosleep/public_html/wp-includes/functions.php on line 4669