8.5 C
New York
Wednesday, August 12, 2020
Home Uncategorized Rekor Jumlah Kasus Baru Covid, DIY Tunjukkan Tren Meningkat

Rekor Jumlah Kasus Baru Covid, DIY Tunjukkan Tren Meningkat

Pada Selasa (21/7), ada tambahan 28 kasus baru Covid-19 di DIY.

REPUBLIKA. CO. ID, YOGYAKARTA — Wilayah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatatkan rekor kasus baru yang terinfeksi Covid-19 pada 21 Juli 2020. Setidaknya, ada tambahan 28 kasus terakhir positif Covid-19 yang dilaporkan.

Kenaikan kasus di DIY mulai menunjukkan tren meningkat kurang hari ini. Juru Bicara Penanganan Covid-19 untuk DIY, Berty Murtiningsih mengatakan, kenaikan kasus baru dikarenakan pelacakan ( tracing ) dan pemeriksaan ( screening ) yang kekar.

Dari 28 kasus yang dilaporkan pada 21 Juli ini, lima kasus diantaranya merupakan tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan tubuh (Dinkes) Bantul. Banyaknya tenaga kesehatan tubuh yang dilaporkan positif, Berty menyuarakan, skrining terhadap tenaga kesehatan itu memang menjadi prioritas.

“Karyawan Dinkes Bantul diantaranya pula dari Puskesmas. Memang sudah saya sampaikan bahwa prioritas kita masa ini diantaranya screening pada para-para karyawan kesehatan. Termasuk seluruh Puskesmas di DIY dan RS Punca yang merawat (pasien) Covid-19, ” kata Berty, Selasa (21/7).

Selain itu, pelacakan kepada pelaku perjalanan dari luar DIY juga diutamakan. Termasuk pelacakan kontak melalui tes swab /PCR dari kasus tentu Covid-19 juga dimasifkan.

“Saat ini, memang sedang dijalankan ( swab secara masif) oleh masing Biro Kesehatan Kabupaten/Kota. Untuk prioritas karyawan kesehatan, pengambilan swab pelaku penjelajahan dan juga skrining atas seruan masyarakat, ” ujarnya.

Most Popular

Isolasi dan Masker Berperan Kendalikan Flu Spanyol

REPUBLIKA. CO. ID, SURABAYA -- Antropolog Universitas Airlangga Surabaya Toetik Koesbiarti menyatakanisolasi mandiri, menjaga kejernihan dan penggunaan masker turut berlaku penting dalam pengendalian Flu Spanyol yang mewabah di Jawa Timur pada...

Jalan Keras Lazio Perpanjang Kontrak Simone Inzaghi

REPUBLIKA. CO. ID,   ROMA -- Manajemen SS Lazio kian aman dengan servis Simone Inzaghi. Persatuan ibu kota Italia itu terus berupaya memperpanjang kontrak sang guru. Dalam beberapa bulan terakhir, ke-2 kubu bernegosiasi. Namun...

Kepala BPJPH Persoalkan Tarif Rp 5 Juta bagi Auditor Halal

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Kepala Badan Penyelenggara Agunan Produk Halal (BPJPH) Sukoso menyuarakan ada biaya yang besar bagi calon auditor halal untuk mengikuti sertifikasi profesi di Lembaga Sertifikasi Profesi Majelis Ulama...

Karya besar Hamka dari Penjara

REPUBLIKA. CO. ID, Oleh Terlepas Ginting / Jurnalis Senior Republika   Dari balik jeruji penjara, seorang ulama menyelesaikan sebuah susunan besar. Tafsir Al-Azhar. Itulah lengah satu mahakarya dari Buya Hamka, yang ia kerjakan...

Recent Comments