8.5 C
New York
Wednesday, August 12, 2020
Home Uncategorized Konglomerasi Tugas Blitar Ungkap Tambahan 39 Kasus Covid-19

Konglomerasi Tugas Blitar Ungkap Tambahan 39 Kasus Covid-19

Bunga kasus Covid-19 di Blitar Didominasi klaster RSUD Ngudi Waluyo

REPUBLIKA. CO. ID, BLITAR — Gugus Perintah Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar, Jawa Timur, mengungkap terdapat tambahan pasien yang dinyatakan positif COVID-19 sebanyak 39 orang, yang didominasi dari klaster RSUD Ngudi Waluyo, Kabupaten Blitar.

“Untuk ‘update’ persebaran COVID-19 pada Kabupaten Blitar, terdapat 39 terkonfirmasi baru, 31 konfirmasi dari klasterRSUD Ngudi Waluyoataugowes, ” kata Ahli Bicara Gugus Tugas Percepatan Pengerjaan COVID-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti di Blitar, Jumat (25/7) suangi.

Ia mengatakan, pasien tersebut berasal dibanding berbagai daerah di Kabupaten Blitar, misalnya Kecamatan Binangun, Doko, Gandusari, Garum, Kanigoro, dan sejumlah kecamatan lainnya dengan total 31 orang terkonfirmasi.

Sedangkan, delapan orang lainnya yang terkonfirmasi dari klaster lainnya. Mereka berasal dari Kecamatan Binangun, Doko, Garum dan Sanankulon, Kabupaten Blitar.

Ia mengakui tambahan tersebut memang menyesatkan banyak dari rumah sakit. Pihaknya juga langsung melakukan “tracing” atau penelusuran dari temuan kasus tersebut.

“Tambahan 39 itu paling banyak dibanding rumah sakit, lainnya dari ‘swab’ yang kami lakukan dan serupa ‘swab’ mandiri. Jadi, kami langsung adakan tracing, artinya titik tentu yang aman ini kami cari kontak eratnya, ” katanya.

Dirinya berniat dengan tracing yang telah dilakukan diharapkan bisa lebih mudah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Krisna juga sudah koordinasi dengan bagian rumah sakit. Mereka juga melayani sudah melakukan rapid test. Namun, untuk penutupan fasilitas rumah melempem masih menunggu perkembangan dan penyerasian lebih lanjut.

“Pihak rumah sakit masih melakukan swabuntuk petugas di kaum ruangan. Apa boleh buat jika kondisinya seperti ini apabila ditutup kami arahkan ke RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Jika sempurna ke Medika. OTG (orang minus gejala) kami arahan ke panti isolasi. Pasien bisa juga kami rujuk ke RSUD dr Iskak Tulungagung, Pare, Surabaya atau Rengsa, ” katanya.

Klaster rumah sakit atau gowes tersebut, kata dia, awalnya terdapat tenaga medis yang bertugas di RSUD Ngudi Waluyo Kabupaten Blitar. Dari hasil pelacakan, itu tertular COVID-19 dari komunitas sepeda yang diikuti petugas medis di rumah sakit.

Pihak rumah sakit sebelumnya, kata Krisna Yekti, juga sempat menutup sementara sejumlah layanan, lengah satunya ruang instalasi bedah semasa dua hari. Pihak rumah lara kini membuka kesempatan bagi relawan untuk ikut menangani pelayanan anak obat COVID-19.

Sementara itu, hingga Jumat (24/7), jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Blitar mencapai satu. 065, jumlah pasien dalam perlindungan (PDP) mencapai 112 orang, serta jumlah yang terkonfirmasi adalah 137 orang, dimana 56 sembuh, 70 dirawat dan sisanya 11 karakter meninggal dunia.

sumber: Jarang

Most Popular

Isolasi dan Masker Berperan Kendalikan Flu Spanyol

REPUBLIKA. CO. ID, SURABAYA -- Antropolog Universitas Airlangga Surabaya Toetik Koesbiarti menyatakanisolasi mandiri, menjaga kejernihan dan penggunaan masker turut berlaku penting dalam pengendalian Flu Spanyol yang mewabah di Jawa Timur pada...

Jalan Keras Lazio Perpanjang Kontrak Simone Inzaghi

REPUBLIKA. CO. ID,   ROMA -- Manajemen SS Lazio kian aman dengan servis Simone Inzaghi. Persatuan ibu kota Italia itu terus berupaya memperpanjang kontrak sang guru. Dalam beberapa bulan terakhir, ke-2 kubu bernegosiasi. Namun...

Kepala BPJPH Persoalkan Tarif Rp 5 Juta bagi Auditor Halal

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Kepala Badan Penyelenggara Agunan Produk Halal (BPJPH) Sukoso menyuarakan ada biaya yang besar bagi calon auditor halal untuk mengikuti sertifikasi profesi di Lembaga Sertifikasi Profesi Majelis Ulama...

Karya besar Hamka dari Penjara

REPUBLIKA. CO. ID, Oleh Terlepas Ginting / Jurnalis Senior Republika   Dari balik jeruji penjara, seorang ulama menyelesaikan sebuah susunan besar. Tafsir Al-Azhar. Itulah lengah satu mahakarya dari Buya Hamka, yang ia kerjakan...

Recent Comments