8.5 C
New York
Thursday, August 13, 2020
Home Uncategorized Kunci Juara Ada di Kandang

Kunci Juara Ada di Kandang

Liverpool musim ini meraih gelar juara Liga Primer minus kekalahan di kandang.

REPUBLIKA. CO. ID, Oleh Endro Yuwanto *)

Pada sayembara Liga Primer Inggris 2017/2018, Liverpool meraih 12 kemenangan dan tujuh imbang di kandang sendiri dalam Stadion Anfield. Kemudian pada musim lalu, the Reds meraih 17 kemenangan dan dua imbang. Dalam dua kesempatan itu, Liverpool cuma mengakhiri kompetisi sebagai tim pesaing juara.

Musim itu menjadi puncaknya ketika Liverpool hanya sekali kehilangan angka penuh pada kandang sendiri. The Kop menjalani laga kandang terakhir musim ini kontra Chelsea, Kamis, 23 Juli 2020, untuk menang telak dengan skor 5-3. Kemenangan ini menaikkan gurih hari penyerahan trofi Gabungan Primer Inggris untuk klub Merseyside.

Liverpool menutup sabung kandang musim ini dengan rekor nyaris sempurna, yakni 18 hasil dan hanya sekali imbang. Satu-satunya kegagalan meraih tiga poin ialah saat diimbangi Burnley dua pekan lalu. Walhasil, Liverpool sudah melindungi rekor tak terkalahkan di negeri selama tiga tahun ini.

Catatan Liverpool yang terkalahkan dalam 59 laga kandang mengembari Chelsea pada musim 2005/2006, Manchester United musim 2010/2011, dan Manchester City musim 2011/2012.

Terkait catatan apik di kandang, Liverpool masih jauh dari rekor Liga Primer yang dipegang Chelsea era Jose Mourinho. Saat membesut Chelsea, Mourinho menorehkan rekor tak terkalahkan di kandang sebanyak dua periode.

Periode pertama pada 20 Maret 2004 hingga 26 Oktober 2008. Total pertandingan tak terkalahkan di kandang Chelsea untuk masa pertama itu sebanyak 86 laga.

Pada 2013/2014, Mourinho pun melanjutkan catatan yang ditorehkannya, rekor tak terkalahkan di negeri. Mou menjalani sebanyak 77 langgar tak terkalahkan ketika skuatnya berlaku di Stamford Bridge. Saat the Blues tak terkalahkan di kandang, trofi juara Liga Primer pula ada dalam genggaman.

Kini, Mourinho tak lagi membesut Chelsea. Pria asal Portugal tersebut mengaristeki klub sekota Chelsea, Tottenham Hotspur. Mourinho sesumbar dirinya pendirian bagaimana cara membangun benteng supaya Spurs tak terkalahkan ketika bermain di kandang.

Mourinho memang lihai menjaga tim yang diasuhnya tak menelan kekalahan pada kandang. Selama sembilan tahun dan total sebanyak 150 pertandingan, awak asuhan Mourinho tak tersentuh keruntuhan di kandang sendiri.

Kehebatan itu kini masih berlanjut bersama Tottenham. Sejak Liga Primer kembali bergulir usai dihentikan sementara akibat pandemi corona, Mourinho membawa the Lilywhite tak terkalahkan dari lima laga. Empat di antaranya berakhir dengan kemenangan.

Karena itu, Mourinho optimistis rencana itu akan tetap bisa dipertahankan. Apalagi strategi pragmatis Mourinho dengan memenangi laga menggunakan taktik-taktik menetap dan serangan balik, sejauh ini masih efektif digunakan.

Namun demikian, Mourinho mengakui rencana agar tak terkalahkan di kampung akan lebih manjur dengan keberadaan para penggemar di dalam gelanggang. Benteng pertahanan tim akan semakin lebih kuat jika emosi pemain berbaur dengan dukungan penggemar. Ambisi Mourinho untuk menghadirkan para penggemar di stadion bisa saja terjadi pada musim depan ketika corana dianggap mereda.

Mourinho pun masih percaya pertandingan kampung sangat penting jika menginginkan buatan akhir liga yang sempurna. Tersebut terbukti telah dilakukan oleh Liverpool musim ini ketika meraih membuat Liga Primer tanpa kekalahan dalam kandang.

Saat itu, Mourinho masih memegang rekor tak tarkalahkan di kandang dalam 86 pertandingan. Rekor yang ditorehkannya zaman menangani Chelsea. Rekor tak terkalahkan itu putus pada Oktober 2008. Tim yang menyudahi rekor Mourinho adalah Liverpool yang menang 1-0 lewat gol Xabi Alonso.

Musim depan, sembari menjadikan Spurs tim jago kandang, Mourinho berkesempatan membalaskan dendam menyudahi rekor tak terkalahkan Liverpool di kampung. Jika musim depan Liverpool takluk di Anfield, maka Liverpool masa Juergen Klopp tak akan bisa melampaui rekor Chelsea era Mourinho sebagai tim yang tak terkalahkan di kandang dalam 86 musabaqah.

Namun tekad untuk menguasai laga kandang tak hanya melulu milik Spurs dan Liverpool. Tim-tim lain seperti Manchester United, Arsenal, Manchester City, dan Chelsea juga sudah mencanangkan ambisi berjaya di laga kandang. Semua konsorsium seperti percaya menguasai kandang sendiri bisa jadi salah satu kunci utama menjuarai liga.

*) Jurnalis Republika Online

Most Popular

Isolasi dan Masker Berperan Kendalikan Flu Spanyol

REPUBLIKA. CO. ID, SURABAYA -- Antropolog Universitas Airlangga Surabaya Toetik Koesbiarti menyatakanisolasi mandiri, menjaga kejernihan dan penggunaan masker turut berlaku penting dalam pengendalian Flu Spanyol yang mewabah di Jawa Timur pada...

Jalan Keras Lazio Perpanjang Kontrak Simone Inzaghi

REPUBLIKA. CO. ID,   ROMA -- Manajemen SS Lazio kian aman dengan servis Simone Inzaghi. Persatuan ibu kota Italia itu terus berupaya memperpanjang kontrak sang guru. Dalam beberapa bulan terakhir, ke-2 kubu bernegosiasi. Namun...

Kepala BPJPH Persoalkan Tarif Rp 5 Juta bagi Auditor Halal

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Kepala Badan Penyelenggara Agunan Produk Halal (BPJPH) Sukoso menyuarakan ada biaya yang besar bagi calon auditor halal untuk mengikuti sertifikasi profesi di Lembaga Sertifikasi Profesi Majelis Ulama...

Karya besar Hamka dari Penjara

REPUBLIKA. CO. ID, Oleh Terlepas Ginting / Jurnalis Senior Republika   Dari balik jeruji penjara, seorang ulama menyelesaikan sebuah susunan besar. Tafsir Al-Azhar. Itulah lengah satu mahakarya dari Buya Hamka, yang ia kerjakan...

Recent Comments