8.5 C
New York
Thursday, September 3, 2020
Home Uncategorized Beda Mahatma Ghandi dan Ali Jinnah, Meski Keduanya Sahabat

Beda Mahatma Ghandi dan Ali Jinnah, Meski Keduanya Sahabat

Ghandi dan Jinnah mempunyai haluan dan ideologi berbeda.

REPUBLIKA. CO. ID, S ebuah tampang berjudul ‘Gandhi’s Hinduism the Struggle against Jinnah’s Islam’ lahir sejak tangan M J Akbar, seorang jurnalis dan politisi asal India. Buku itu, pertama terbit di 5 Maret 2020.

Akbar memilah mengeksplorasi dinamika hubungan Gandhi-Jinnah meniti pasang surut arus politik. Penilaian holistik atas keterlibatan mereka invalid terkontrol dengan eksplorasi yang berlebihan pada salah satu tokoh.

Perhatian pada persaingan kurun tokoh utama juga berkurang saat narasi mulai mengakomodasi pemain lain yang masuk dalam kisah tersebut. Meskipun begitu, narasi itu tak berarti menunjukkan analisis Akbar lebih luas tapi kurang mendalam.

Menurut review yang dikutip dari The Telegraph, Jumat (7/9), Gandhi lebih dimengerti, mendominasi, dengan menelusuri perjalanan politiknya dengan cakap. Akbar dapat menghindarkan Ghandi dari kengerian dengan “berusaha menjangkau Muslim India melalui Jinnah…? “.

Sementara, Jinnah yang digambarkan Akbar begitu ambisius, lurus, taktis serta rabun. Penggambaran itu, diharapakan dapat menjawab teka-teki yang telah menetap lama.

Namun, prinsip pribadi Akbar dipertanyakan saat menggambarkan transformasi Jinnah sebagai sang Konstitusionalis. Sebab, Akbar menandai pidato sendiri Jinnah di Majelis Konstituante Pakistan.

Jinnah menyerukan untuk mengubur perpecahan di antara komunitas. Padahal sebelumnya, Jinnah diprasangka melakukan subversi.

Sikap tulang kepala Jinnah seakan sebagai bentuk dari hasil dari aspirasi politiknya. Sedangkan, Gandhi dinilai gagal untuk mengambil keuntungan dari keterbatasannya.

Bagaimanapun juga, buku itu menyajikan wawasan dan kesimpulan yang masuk akal. Akbar dapat melukiskan cara menghakimi dengan cara dengan sangat tepat.

Most Popular

Dorong Penyaluran KUR, BCA Gandeng BPR

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA-- PT Bank Central Asia Tbk bekerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Kali tersebut, BCA melakukan perjanjian kerja setara channeling KUR...

Eijkman: Virus Covid-19 di Indonesia Mirip dengan di Asia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio mengatakan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 yang beredar di Indonesia memiliki kekerabatan erat dengan virus yang bersirkulasi di wilayah Asia....

Tips Pergi Keluar yang Aman Bersama Anak

REPUBLIKA.CO.ID, Berbulan-bulan di dalam rumah tentu membawa kejenuhan, khususnya bagi anak-anak. Di era new normal, mungkin tak ada salahnya sesekali keluar rumah bersama si kecil.Tapi ikuti tips ini saat...

Kiai Didin: Generasi Memakmurkan Masjid Dimuliakan Allah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Pondok Pesantren Ulil Albab Bogor, Prof KH Didin Hafiduddin mengatakan, masjid adalah tempat yang paling mulia. Dalam hadits Rasulullah SAW juga bersabda, tempat yang paling baik...

Recent Comments