8.5 C
New York
Thursday, November 26, 2020
Home Uncategorized Desa Mandiri di Jabar Lampaui Target

Desa Mandiri di Jabar Lampaui Target

Dari 5. 312 desa di Jawa Barat 270 di antaranya merupakan Desa Sendiri.

REPUBLIKA. CO. ID, BANDUNG — Sejak 5. 312 desa di Jawa Barat 270 di antaranya adalah Desa Mandiri. Jumlah itu melewati target dalam RPJMD tahun 2020 di mana hanya 98 dukuh.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono, pencapaian istimewa tersebut tak terlepas dari karakter Patriot Desa.

“Jumlahnya yang kita kirim di tarikh 2019 yang lalu ada110 Patriot Desa yang kita tempatkan di dalam 50 desa di 10 kabupaten, ” ujar Bambang, Selasa (18/8).

Menurutnya, kehadiran Nasionalis Desa sangat signifikan mengangkat daya desa, baik itu secara ekonomi maupun sosial. Tidak hanya tersebut, Patriot Desa juga bersinergi secara aparatur daerah dan juga publik.

Dengan begitu, kata pendahuluan dia, maka ikut andil pula bilamana di salah satu kampung tersebut terjadi tragedi konflik agar meminimalisir terjadinya permasalahan.

“Mereka juga terlibat dalam menyerahkan edukasi dan mensosialisasikan mengenai penanganan Covid-19, ” katanya.

Berkaca dari keberhasilan itu, sebutan Bambang, pihaknya akan kembali menyelenggarakan seleksi kepada masyarakat Jabar yang hendak menjadi Patriot Desa. Nantinya, mereka akan ditempatkan pada sejumlah desa untuk menggali potensi.

“Di tahun 2020 itu kita akan mengadirkan 330 Nasionalis Desa lagi, ” katanya.

Secara tipologi, kata dia, terdapat tujuh karakter desa dalam Jabar, yaitu desa wisata, dukuh pertanian, kehutanan, desa pesisir, dukuh perikanan tangkap, perikanan darat. Selain itu, ada pula desa kebaikan dan industri yang mesti tetap digenjot potensinya.

Apalagi, kata dia, dibandingkan wilayah perkotaan, jumlah penduduk di daerah juga cukup dominan. “Dari jumlah hampir mendekati 50 juta jiwa di Jawa Barat, sekitar 35 juta di antaranya ada dalam desa, “katanya.

Bambang mengatakan, selain Patriot Desa terdapat 248 orang Pendamping Lokal Desa (PLD) di Jawa Barat yang juga berperan mengisi variabel indeks desa membangun (IDM).

“Sudah tidak ada lagi yang namanya desa sangat primitif di Jawa Barat. Hanya ada Desa tertinggal, jumlahnya juga letak sedikit hanya 121 desa sebab 5312 desa di Jabar, ” katanya

sumber: Antara

Most Popular

Venue Akuatik Olimpiade Tokyo Diresmikan

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA --  Gubernur Tokyo Yuriko Koike secara resmi membuka venue akuatik yang akan digunakan buat Olimpiade tahun depan, Sabtu (24/10). Dilansir Reuters, Sabtu (24/10), peresmian venue akuatik seharusnya dilakukan dalam...

Transportasi Pelanggar Protokol Kesehatan Dikenai Hukuman

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Gajah Perhubungan Budi Karya Sumadi menguatkan akan menyiapkan sanksi bagi operator transportasi yang tidak mematuhi aturan kesehatan saat operasional libur lama Oktober 2020. Dia menegaskan, Kemenhub...

Gubernur Jabar Tinjau Simulasi Vaksinasi Covid-19 di Depok

REPUBLIKA. CO. ID,   DEPOK -- Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, didampingi Pjs Wali Kota Depok, Dedi Supandi, meninjau kegiatan simulasi vaksin Covid-19 di Puskesmas Tapos, Kota Depok, Kamis (22/10). Selain itu, mereka...

Berkali-Kali Jatuh dari Sepeda, Wulan Guritno tak Kapok

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Sejak duduk dalam bangku SMP, Wulan Guritno sudah hobi berolahraga. Perempuan yang saat ini dikenal sebagai aktris dan cara itu melakukannya demi kesehatan, tidak karena ingin mencapai...

Recent Comments


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/helpmetosleep/public_html/wp-includes/functions.php on line 4673