8.5 C
New York
Friday, January 15, 2021
Home Uncategorized PMI Sukabumi Latih Warga Bangun Vila Tahan Gempa

PMI Sukabumi Latih Warga Bangun Vila Tahan Gempa

Vila aman gempa dibangun mengikuti kaidah teknik dan harmoni dengan daerah

REPUBLIKA. CO. ID, SUKABUMI–Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menggencarkan pelatihan perkuatan rumah agar aman gempa (Retrofitting) untuk tukang bangunan dan bangsa. Sebab wilayah Kota Sukabumi tercatat daerah yang rawan terjadi gempa karena terdapat patahan Cimandiri.

Pelatihan tersebut berbasis umum kepada para tukang bangunan lokal dan tokoh masyarakat. Kegiatan itu dalam kaitan mendukung program kesiapsiagaan gempa bumi yang sedang dilaksanakan di Kota Sukabumi oleh PMI melalui dukungan Palang Merah Amerika (Amcross) dan USAID.

” Program tersebut untuk meningkatkan daya pengetahuan dan ketrampilan para tukang bangunan lokal dan tokoh umum perihal teknik penguatan rumah supaya aman gempa (Retrofitting), ” ujar Arwin Soelaksono, Konsultan Retrofitting & Kesiapsiagaan Gempa dari Palang Merah Amerika, Senin (14/12). Khususnya pada upaya kesiapsiagaan dan mitigasi potensi bencana gempa bumi.

Menurut Arwin, pelatihan merupakan rangkaian kegiatan program sebelumya yang pernah mengadakan kegiatan yang sama melalui kegiatan pelatihan untuk pembimbing (TOT) retrofitting. Di mana para alumni pelatihannya sekarang bisa mengajarkan kembali kepada peserta lainnya.

Rumah aman gempa terang Arwin, secara biasa adalah rumah yang dibangun memasukkan kaidah ketehnikan dan harmoni dengan alam. Kondisi saat ini di masyarakat banyak yang kurang prinsip tentang pentingnya rumah aman gempa, serta pengabaian aspek kerentanan di lingkungan masyarakat. ” Saat itu keindahan rumah lebih menjadi pengutamaan utama dari pada memperhatikan arah keamanan rumah, ” kata Arwin. Apalagi kerentanan makin meningkat pada pemukiman padat penduduk perkotaan.

Arwin, era ini sangatlah penting untuk terus mensosialisikan kepada masyarakat dan para tukang bangunan lokal tentang teknik retrofitting sebagai cara penguatan buat rumah aman gempa. Dalam pengetahuan konstruksi terdapat istilah “retrofitting” yaitu metode atau teknik untuk menutup bangunan dengan memodifikasi yakni mengubah atau menambah bagian stuktur sehingga lebih kuat menanggung beban gempa.

Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo menambahkan, kegiatan ini merupakan rangkain program yang tengah dilaksanakan dalam wilayah Kota Sukabumi. ”Selama 4 hari efektif digelar dari 14-17 Desember yang bertempat di Kelurahan Baros, dengan tetap menerapakan standar protokol kesehatan yang sangat selektif, ” kata dia.

Misalnya pembatasan jumlah peserta, menekankan pelaksaaan 3 M, serta para peserta dibekali bagian PHBS kit, seperti masker, faceshield, hand sanitizer dan sarung lengah yang wajib digukan selama cara kegiatan. Dalam proses pelaksanaannya tutur Suranto, selain dilaksanakan materi posisi, juga dilakukan kunjungan praktek lapangan untuk melakukan peninjauan ke panti masyarakatm Di lokasi itu buat melakukan asessmen dan analisa rumah untuk pembelajaran dilakukannya retrofitting.

Most Popular

Banjir Kalsel Rendam 6 Ribu Rumah, 21 Ribu Warga Mengungsi

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA --  Banjir di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel) memaksa puluhan ribu orang mengungsi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam laporan sah menyampaikan, sampai Jumat (15/1) sore, 6. 346 rumah...

KPK Periksa Dirjen Perikanan Budidaya Terkait Suap Lobster

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA -- Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Bahari dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto, dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan dimintai keterangan terkait perkara suap izin benih lobster yang...

GP Ansor Tanggapi Pengajuan Komjen Listyo Sigit oleh Jokowi

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal besar kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) hangat. Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor menilai,...

PTKM, Sleman Mulai Beri Peringatan ke Pelaku Usaha

REPUBLIKA. CO. ID, SLEMAN -- Satgas Penanganan Covid-19 Sleman, DIY tiba Senin (11/1) malam melakukan penilikan penerapan Pemberlakuan Secara Terbatas Kesibukan Masyarakat (PTKM). Beberapa tempat cara mulai diberikan peringatan. Sasaran penilikan adalah...

Recent Comments


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/helpmetosleep/public_html/wp-includes/functions.php on line 4755