8.5 C
New York
Friday, January 15, 2021
Home Uncategorized Pemimpin di Massachusetts Sambut Vaksin Covid-19

Pemimpin di Massachusetts Sambut Vaksin Covid-19

IHRAM. CO. ID, LONDON — Sejumlah perusahaan farmasi berkompetisi untuk memproduksi vaksin Covid-19. Dalam sisi lain, negara-negara juga berebut untuk mendapatkan vaksin tersebut.

Namun, di lain hal, sebagian umat Muslim juga sudah menyuarakan kekhawatiran tentang apakah vaksin Covid-19 itu halal atau sesuai syariah atau tidak. Muslim merasakan khawatir jika vaksin tersebut mengandung beberapa elemen yang bertentangan secara hukum Islam.

Namun, berbeda halnya dengan pernyataan seorang imam di Massachusetts, negara arah Amerika Serikat. Imam dan ulama di Worcester Islamic Center dalam Massachusetts, Asif Hirani, mengatakan bahwa komunitas Muslim Amerika sangat reseptif (mau menerima) terhadap vaksin Covid-19.

“Saya sangat angkuh. Kami semua sangat reseptif jadi kami harus minum vaksin. Ini (vaksin) adalah secercah harapan. Pada komunitas Muslim Amerika, orang-orang benar reseptif. Kami sedang menunggu sesuatu seperti ini, ” kata Hirani seperti dilaporkan Telegram& Gazette, dilansir di laman About Islam, Selasa (22/12).

Sang imam berbicara tentang vaksin baru & apakah Muslim harus meminumnya ataupun tidak selama sholat Jumat kira-kira waktu lalu. Dia mengatakan, tempat hanya bisa menangani masalah daripada perspektif Islam dan bukan sejak seorang dokter medis.

Selain itu, menurutnya, keinginan untuk mendapatkan vaksin atau tidak ialah keputusan pribadi dan itu harus didiskusikan dengan dokter pribadi. Daripada perspektif Islam, ketika membandingkan khasiat dan kerugian, yang dihargai ialah kebaikan manusia yang lebih gede.

“Dan dengan tersebut, salah satu tujuan hukum Islam sebenarnya adalah melindungi dan melestarikan kehidupan manusia, ” kata Hirani.

Pendapat ini sependirian dengan fatwa hukum lain dengan dikeluarkan oleh umat Islam mengenai vaksin Covid-19. Di Inggris, British Islamic Medical Association (BIMA) sudah mengeluarkan pernyataan yang mendorong individu yang berisiko untuk mengambil vaksin.

Pernyataan posisi BIMA ini diikuti konsultasi dengan para-para profesional perawatan kesehatan Muslim, cerdik pandai Islam, dan badan perwakilan dari seluruh Inggris.

Pada level lain, para cendekiawan dibanding beberapa seminari Islam paling besar di Inggris telah mengeluarkan ajaran yang mengatakan bahwa vaksin mutakhir Pfizer BioNTech Covid-19 adalah halal.

Di Malaysia, suatu fatwa juga menekankan bahwa vaksinasi Covid-19 direkomendasikan bagi orang-orang dengan berisiko untuk mencegah penyebaran pandemi dan menyelamatkan nyawa manusia.

Most Popular

Banjir Kalsel Rendam 6 Ribu Rumah, 21 Ribu Warga Mengungsi

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA --  Banjir di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel) memaksa puluhan ribu orang mengungsi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam laporan sah menyampaikan, sampai Jumat (15/1) sore, 6. 346 rumah...

KPK Periksa Dirjen Perikanan Budidaya Terkait Suap Lobster

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA -- Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Bahari dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto, dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan dimintai keterangan terkait perkara suap izin benih lobster yang...

GP Ansor Tanggapi Pengajuan Komjen Listyo Sigit oleh Jokowi

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal besar kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) hangat. Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor menilai,...

PTKM, Sleman Mulai Beri Peringatan ke Pelaku Usaha

REPUBLIKA. CO. ID, SLEMAN -- Satgas Penanganan Covid-19 Sleman, DIY tiba Senin (11/1) malam melakukan penilikan penerapan Pemberlakuan Secara Terbatas Kesibukan Masyarakat (PTKM). Beberapa tempat cara mulai diberikan peringatan. Sasaran penilikan adalah...

Recent Comments


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/helpmetosleep/public_html/wp-includes/functions.php on line 4755