8.5 C
New York
Saturday, May 15, 2021
Home Uncategorized Terakhir Satu Kelurahan di Kota Cirebon Terbebas BAB Sembarangan

Terakhir Satu Kelurahan di Kota Cirebon Terbebas BAB Sembarangan

REPUBLIKA. CO. ID, CIREBON — Persoalan buang air gembung (BAB) sembarangan masih menjadi order rumah bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon. Pasalnya, hingga saat tersebut, baru satu dari 22 kelurahan di Kota Cirebon yang dinyatakan “Open Defecation Free” (ODF) ataupun terbebas dari BAB sembarangan.

Kepala Biro Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon Edy Sugiarto mengatakan, satu kelurahan yang sudah dinyatakan ODF itu baru Larangan. Sementara 21 kelurahan ataupun 130 RW masih belum ODF.

Menurut Edy, lengah satu persoalannya adalah belum semua rumah memiliki septic tank . Ia mengatakan, banyak vila memang sudah mempunyai jamban atau WC. Namun, kata dia, saluran pembuangannya bukan ke septic tank , tapi ke kali, selokan, kebun, atau ke bahar.

Ada sejumlah tahanan terkait hal itu. Menurut Edy, masih banyak warga yang status di dekat aliran sungai atau selokan tidak berkeinginan membangun septic tank . Selain itu, kata dia, ada juga masyarakat yang memang kurang mampu, lahannya terbatas, atau bahkan tidak siap membuat jamban.

Edy mengeklaim dinasnya sudah berupaya mendaulat daerah di Kota Cirebon ODF. Seperti mendorong perubahan perilaku asosiasi agar lebih sehat, melakukan pembelaan kepada pemangku kebijakan, hingga memeriksa sumber anggaran baru. “Untuk pembangunan sarana fisik yang berasal sebab APBD memang ada keterbatasan, ” ujar dia, Selasa (16/2).

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati juga menyampaikan soal keterbatasan itu. Karenanya, kata tempat, dibutuhkan koordinasi dan sinergisitas dengan berbagai pihak untuk menuntaskan persoalan terkait sanitasi itu.

Ia mengatakan, saat ini pemkot sudah bersinergi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cirebon dan Baznas Provinsi Jawa Barat. Kerja sama ini diharapkan dapat membantu penanganan berbagai permasalahan baik dan kesehatan di Kota Cirebon, termasuk soal sanitasi. “Kita masih punya pekerjaan rumah di 130 RW lagi (yang belum ODF), ” kata Eti.

Most Popular

In Picture: H+2 Lebaran, Wisatawan Datangi Taman Mini Indonesia Indah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah wisatawan antre memasuki tempat wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, Sabtu (15/5). Pada H+2 libur lebaran, pihak pengelola TMII membatasi jumlah pengunjung sebanyak...

Sekilas Tentang Acara Parsel Hong Kong

Data sidney HK adalah tubuh amal yang berbasis di Hong Kong yang memberikan duit tunai kepada tersebut yang diketahui telah...

Tips Memilih Hadiah Popular dalam Undian dan Undian Tim Olahraga

Lotre adalah jenis perjudian yang melibatkan penarikan nomor acak sebagai hadiah guna suatu acara. Kurang lebih pemerintah melarang lotere, sementara yang lain...

Bupati Bangka Tutup Tempat Wisata Selama Libur Lebaran

REPUBLIKA.CO.ID,BANGKA -- Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan menerbitkan surat edaran penutupan sementara objek wisata untuk mencegah penyebaran Covid-19. Penutupan tempat wisata berlangsung pada 13-16 Mei 2021. "Surat edaran...

Recent Comments