8.5 C
New York
Tuesday, August 3, 2021
Home Uncategorized ADB Ungkap Pasar Obligasi Dorong Perekonomian Global Membaik

ADB Ungkap Pasar Obligasi Dorong Perekonomian Global Membaik

Pasar obligasi terus tumbuh di kawasan Asia Timur yang berkembang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bank Pembangunan Asia (ADB) menyatakan membaiknya proyeksi perekonomian global dan kemajuan dalam vaksinasi Covid-19 telah mendorong imbal hasil (yield) obligasi di kawasan Asia Timur. Berdasarkan laporan terbaru Asia Bond Monitor, pasar obligasi dalam mata uang lokal di kawasan ini tumbuh 20,1 triliun dolar AS hingga akhir 2020.

“Pasar obligasi terus tumbuh di kawasan Asia Timur yang berkembang, sehingga kawasan ini mampu memobilisasi pendanaan bagi pemulihan yang berkelanjutan dari pandemi,” ujar Kepala Ekonom ADB Yasuyuki Sawada dalam keterangan resmi, Jumat (26/3).

Selain itu, tambah dia, sejumlah pembenahan yang dilakukan otoritas terkait untuk mengatasi pandemi telah membuat sentimen investor dan kondisi keuangan juga makin membaik.

“Gerakan vaksinasi yang berhasil, kebijakan moneter yang akomodatif, serta pelonggaran pembatasan telah mendorong kegiatan ekonomi dan mempercepat laju pemulihan,” ucapnya.

Sawada menyebut laporan terbaru Asia Bond Monitor mencakup negara Asia Timur seperti Republik Rakyat China (RRC), Hong Kong, Korea Selatan, Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Adapun laporan ini mencatat peluncuran vaksin yang sudah dimulai di sebagian besar negara di kawasan ini, telah meningkatkan keyakinan pasar terhadap kinerja perekonomian.

“Namun, pada saat bersamaan, ketidakpastian situasi pandemi, terutama terkait varian baru dan kemungkinan kembali melonjaknya jumlah kasus, terus membebani proyeksi perkembangan ke depan,” ungkapnya.

Menurutnya laporan tersebut juga mencatat sejumlah risiko seperti akses vaksin yang belum merata dan potensi penyesuaian harga aset akibat naiknya taraf suku bunga jangka panjang.

“Imbal hasil obligasi pemerintah di sebagian besar perekonomian maju dan pasar Asia Timur yang berkembang tercatat mengalami kenaikan antara 31 Desember 2020 dan 15 Februari 2021,” uapnya.

Most Popular

Wisatawan Dievakuasi Saat Kebakaran Melanda Pesisir Turki

REPUBLIKA.CO.ID, TURKI — Kebakaran hutan masih melanda kota-kota resor di pesisir barat daya dan selatan Turki dan memaksa dilakukannya evakuasi di beberapa desa dan fasilitas wisata. Kobaran api di Distrik Manavgat...

Pegunungan Shada, Objek Wisata Populer di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Pegunungan Sarawat, khususnya pegunungan Shada di Baha merupakan daya tarik wisata yang populer di Kerajaan. Gunung-gunung sering diselimuti kabut, hal ini karena uap air dari Laut Merah. Pengunjung...

Daya Tarik Pegunungan Shada di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,  RIYADH -- Pegunungan Sarawat, khususnya pegunungan Shada di wilayah Baha adalah daya tarik wisata yang populer di Kerajaan Arab Saudi. Gunung-gunung itu nampak menawan karena sering diselimuti kabut...

Peribadatan Berjamaah Dilarang di Kalsel Selama PPKM LeveL 4

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan melarang pengelola tempat ibadah mengadakan peribadatan atau kegiatan keagamaan berjamaah selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level4 di Kota...

Recent Comments