8.5 C
New York
Wednesday, June 23, 2021
Home Uncategorized Penumpang di Pelabuhan Bakauheni Wajib Tes Antigen

Penumpang di Pelabuhan Bakauheni Wajib Tes Antigen

Kemenhub sebut kewajiban tes antigen karena peningkatan kasus Covid-19 di Sumatra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan penumpang yang akan melakukan perjalanan dari Pelabuhan Bakauheni wajib melakukan tes rapid antigen sebelum keberangkatan. Rapid test antigen tersebut dilakukan secara mandiri. 

“Untuk menghindari adanya penumpukan di Bakauheni, maka kami meminta kepada para penumpang agar melakukan tes rapid antigen secara mandiri di daerah asal keberangkatan,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (16/5). 

Dia menambahkan, penumpang wajib membawa hasil negatif tes rapid antigen tersebut sebelum keberangkatan. Budi menuturkan, data dari Satgas Covid-19 menyebutkan bahwa dalam satu bulan terakhir terjadi peningkatan kasus yang signifikan di hampir seluruh provinsi di Pulau Sumatra. 

“Untuk itu perlu suatu upaya memperketat pergerakan penumpang khususnya dari Sumatra ke Pulau Jawa melalui pelabuhan Bakauheni,” ujar Budi. Budi mengatakan, sekitar 400 ribu orang yang sudah bergerak dari Jawa ke Sumatra. Untuk itu, Budi mengatakan, dalam beberapa hari kedepan akan ada arus balik dari Sumatra menuju Jawa. 

“Untuk itu kami melakukan suatu koordinasi yang intens, untuk melakukan pengendalian,” tutur Budi. 

Sebelumnya, Kemenhub bersama Satgas Penanganan Covid-19, kepolisian, dan unsur terkait lainnya telah berkoordinasi untuk melakukan sejumlah antisipasi. Khususnya terhadap peningkatan mobilitas masyarakat selepas lebaran yang berpotensi memicu penularan Covid-19. 

Sejumlah Kepala Daerah di Sumatra dan Jawa yakni Lampung, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur pun dilibatkan untuk melakukan pemeriksaan secara teliti dan cermat terhadap dokumen kesehatan setiap pelaku perjalanan masyarakat. Khususnya pada masa arus balik angkutan darat Idul Fitri Tahun 2021 di setiap pos penyekatan yang ada di perbatasan antar provinsi. 

Most Popular

Bareskrim Kumpulkan Bahan Terkait Parpor Palsu Adelin Lis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Keimigrasian guna mengumpulkan bahan terkait dugaan tindak pidana paspor palsu yang digunakan oleh burunon...

10 RT di DKI Ditetapkan Sebagai Zona Merah Covid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperbarui data zona pengendalian virus Corona di tingkat rukun tetangga (RT) se-Ibu Kota.  Pemprov menetapkan 10 RT sebagai zona merah Covid-19. Berdasarkan data...

Dua Satwa Ikonik Kenya Mati dalam Dua Tahun

  REPUBLIKA.CO.ID, NAIROBI -- Scarface, salah satu singa paling terkenal dan ikonik di cagar alam nasional Kenya, mati 11 Juni saat dia menjadi raja hutan itu. Scarface, dinamai demikian karena bekas...

Santri Bima Madani Bogor Sembuh Covid-19 Terus Bertambah 

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Santri di Pondok Pesantren Bima Madani Kota Bogor, Jawa Barat, yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 sampai Sabtu (19/6), bertambah 16 orang sehingga seluruhnya menjadi 40 orang dari...

Recent Comments