8.5 C
New York
Tuesday, August 3, 2021
Home Uncategorized Petugas Pikul di Bandung Kewalahan Makamkan Jenazah Covid-19

Petugas Pikul di Bandung Kewalahan Makamkan Jenazah Covid-19

IHRAM.CO.ID, BANDUNG — Petugas pikul jenazah Covid-19 di tempat pemakaman umum (TPU) Cikadut Kota Bandung kewalahan memakamkan jenazah ke liang lahat akibat terjadi lonjakan jenazah. Imbasnya, sejumlah tenaga penggali liang lahat dari TPU Nagrog dan Cikutra ikut diperbantukan di TPU Cikadut untuk menggali liang lahat. 

Koordinator petugas pikul di TPU Cikadut, Fajar mengaku para petugas pikul kewalahan dengan lonjakan jenazah yang akan dimakamkan di TPU Cikadut. Oleh karena itu, pihak UPT TPU Cikadut meminta bantuan ke penggali liang lahat di TPU seperti Nagrog dan Cikutra. 

“Rekan-rekan keteteran. (Penggali) ) lubang tadi diajeungkeun (diusulkan) dari (TPU) Nagrog Cikutra minta dibuat lubang. Petugas pikul maj tidak bisa buat lubang hawatos (khawatir),” ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (12/6). 

Ia mengatakan, para petugas pikul saat ini harus standby di TPU mengingat lonjakan jenazah yang akan dimakamkan meningkat signifikan. Para petugas pikul saat ini bekerja dengan tiga sif. 

Fajar mengatakan pihaknya mengajukan pengadaan vitamin dan makanan sehat bagi para petugas pikul serta perlengkapan alat perlindungan diri. Ia berharap usulan tersebut disetujui oleh dinas terkait. 

“Soal kesejahteraan pemikul, PHL penggali tolong diperhatikan. Setidaknya mereka dapat makan siang dari instansi,” ungkapnya. 

Ia menambahkan, dalam sehari pada dua hari terakhir jenazah yang dimakamkan di TPU Cikadut mencapai masing-masing 22 orang. Sedangkan hari ini sudah 12 jenazah dan masih menunggu 5 jenazah lainnya yang akan dimakamkan di TPU. 

“Peningkatan mulai bulan kemarin sampai 153 jenazah sebulan. Dua hari terakhir, 22 jenazah dalam sehari dari pukul 06.00 Wib sampai pukul 21.00 Wib,” ujarnya. 

Ia mengatakan saat ini mayoritas jenazah yang dimakamkan di TPU Cikadut sudah dipastikan positif Covid-19. Sebab, jenazah yang dinyatakan negatif tidak akan diterima di TPU Cikadut. Terlebih saat ini terjadi lonjakan jenazah yang dimakamkan di TPU Cikadut. 

Most Popular

Wisatawan Dievakuasi Saat Kebakaran Melanda Pesisir Turki

REPUBLIKA.CO.ID, TURKI — Kebakaran hutan masih melanda kota-kota resor di pesisir barat daya dan selatan Turki dan memaksa dilakukannya evakuasi di beberapa desa dan fasilitas wisata. Kobaran api di Distrik Manavgat...

Pegunungan Shada, Objek Wisata Populer di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Pegunungan Sarawat, khususnya pegunungan Shada di Baha merupakan daya tarik wisata yang populer di Kerajaan. Gunung-gunung sering diselimuti kabut, hal ini karena uap air dari Laut Merah. Pengunjung...

Daya Tarik Pegunungan Shada di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,  RIYADH -- Pegunungan Sarawat, khususnya pegunungan Shada di wilayah Baha adalah daya tarik wisata yang populer di Kerajaan Arab Saudi. Gunung-gunung itu nampak menawan karena sering diselimuti kabut...

Peribadatan Berjamaah Dilarang di Kalsel Selama PPKM LeveL 4

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan melarang pengelola tempat ibadah mengadakan peribadatan atau kegiatan keagamaan berjamaah selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level4 di Kota...

Recent Comments