8.5 C
New York
Tuesday, August 3, 2021
Home Uncategorized Kasus Covid-19 Jakarta Melonjak, Dinkes: De Javu Tahun Lalu 

Kasus Covid-19 Jakarta Melonjak, Dinkes: De Javu Tahun Lalu 

Ia juga meminta masyarakat agar tidak perlu takut untuk melakukan tes Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kasus harian Covid-19 di Jakarta melonjak. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes DKI, Lies Dwi, menyebut kondisi hari-hari ini adalah deja vu tahun lalu. 

“Jadi kita sudah lihat kembali ke kondisi deja vu pada tahun lalu di periode yang sama. Kita ada upaya untuk memutus penularan, (tapi) peningkatan kapasitas kesehatan beradu dengan rasa kebosanan dan kedisiplinan masyarakat,” kata Lies dalam diskusi virtual, Ahad (13/6). 

Lies mengatakan, untuk mengantisipasi agar kasus baru Covid-19 tidak terus melonjak, pihaknya terus meningkatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Ia juga meminta masyarakat agar tidak perlu takut untuk melakukan tes Covid-19 jika bergejala. 

“Untuk antisipasi kasus naik, kita (juga) harus naikkan kapasitas isolasi dan perawatan,” kata Lies. 

Kapasitas harus ditingkatkan, kata dia, untuk memastikan fasilitas kesehatan tetap bisa menampung pasien. Selain itu, tujuannya agar fasilitas kesehatan tetap bisa melayani pasien yang bukan Covid-19. 

“Karena nanti kasus-kasus jenis penyakit lain bisa meningkat karena tidak terlayani dengan baik,” kata dia. 

Lies menambahkan, pihaknya juga sudah punya tiga skenario untuk menangani orang positif Covid-19 tanpa gejala. Dia tak menjelaskan secara terperinci ketiga skenario itu. 

Lies hanya menyebut bahwa pihaknya telah mempersiapkan tempat isolasi yang tidak berada di rumah sakit. Pihaknya juga akan meningkatkan upaya tracing kasus positif. “Jangan sampai ditutup-tutupi jika ada Covid-19,” ucapnya. 

Sebelumnya, Jumat (11/6), Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, lonjakan kasus paling signifikan usai libur Lebaran terjadi di DKI Jakarta. Dalam 10 hari, kenaikan kasus lebih dari 302 persen. Sedangkan angka BOR di provinsi ini mencapai 62,13 persen. 

Kasus baru Covid-19 di Jakarta bertambah 2.769. Persentase positivity rate Jakarta pun terus bertahan jauh di atas standar yang ditetapkan WHO. Pada hari ini, tercatat 11.800 orang menjalani tes PCR. 

Most Popular

Wisatawan Dievakuasi Saat Kebakaran Melanda Pesisir Turki

REPUBLIKA.CO.ID, TURKI — Kebakaran hutan masih melanda kota-kota resor di pesisir barat daya dan selatan Turki dan memaksa dilakukannya evakuasi di beberapa desa dan fasilitas wisata. Kobaran api di Distrik Manavgat...

Pegunungan Shada, Objek Wisata Populer di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Pegunungan Sarawat, khususnya pegunungan Shada di Baha merupakan daya tarik wisata yang populer di Kerajaan. Gunung-gunung sering diselimuti kabut, hal ini karena uap air dari Laut Merah. Pengunjung...

Daya Tarik Pegunungan Shada di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID,  RIYADH -- Pegunungan Sarawat, khususnya pegunungan Shada di wilayah Baha adalah daya tarik wisata yang populer di Kerajaan Arab Saudi. Gunung-gunung itu nampak menawan karena sering diselimuti kabut...

Peribadatan Berjamaah Dilarang di Kalsel Selama PPKM LeveL 4

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan melarang pengelola tempat ibadah mengadakan peribadatan atau kegiatan keagamaan berjamaah selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level4 di Kota...

Recent Comments