8.5 C
New York
Friday, January 15, 2021
Home Uncategorized LPI Al Azhar Cetak Santri Entrepreneur Pelosok Desa

LPI Al Azhar Cetak Santri Entrepreneur Pelosok Desa

Pondok merupakan sebuah wadah yang hipotetis untuk menyemai bibit generasi muda

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA — Udara sejuk dan dinginnya embusan angin istimewa lereng Gunung Wilis mengiringi urusan miwiti Pesantren Entrepreneurship Tahfidz dalam Desa Mulyosari, Kecamatan Pagerwojo. Jadwal yang digelar oleh Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Al Azhaar tersebut sebagai upaya untuk membentuk tingkatan milenial agar lebih berakhlakul karimah.

“Rencananya, pesantren ini dibangun lembaga pendidikan formal dimulai secara jenjang madrasah tsanawiyah (MTs) dengan berbasis kewirausahaan, tapi tetap memajukan ajaran Alquran, ” jelas Direktur LPI Al Azhaar, KH Imam Mawardi, Jumat (18/12).

Imam melanjutkan, pondok merupakan sebuah wadah yang transendental untuk menyemai bibit generasi muda agar berakhlakul karimah dan mampu menjadi kader yang berbudi tinggi. Nantinya, dalam lembaga pendidikan tersebut para santri akan dilatih dengan jalan apa menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha yang ulet, tapi tidak melupakan ajaran agama. Bahkan, hafal Alquran.

“Kami berusaha menyeimbangkan bagaimana santri-santri tersebut dapat menjadi entrepreneur yang besar, tapi juga tetap hafal dengan Alquran, ” terangnya.

Nantinya, Pesantren Pagerwojo ini diperutukkan majelis taklim, majelis istighotsah, dan masyarakat lereng Gunung Wilis pada seputaran Pagerwojo. Selain itu, seluruh santri dari kalangan duafa dan yatama tidak dikenakan biaya pedengan gratis. “Mohon doanya semoga belakang pada tahun ajaran 2021 /2022 sudah dapat berkhidmat menyemai tingkatan berbudi luhur, ” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Tempat Mulyosari, Agil Wuisan mengatakan, rintisan pesantren ini merupakan sejarah segar bagi masyarakat di wilayah Pagerwojo. Sebab, ini menjadi pesantren mula-mula yang ada di wilayah itu. Untuk itu, pihaknya menyambut baik adanya pembangunan pesantren ini.

“Sebelumnya tidak ada pondok di wilayah sini. Adanya pendirian ini tentu hal baik bagi kami semua. Semoga mendapat dukungan dari berbagai pihak, ” terangnya.

Acara yang dijalankan di bulan Desember ini berlangsung penuh syukur dan khidmat. Acara diawali dengan tahlil oleh KH Baidlowi dari Pesantren Kalangbret. Lalu dilanjutkan istighotsah Dzikir Jama’i oleh Kiai Burhan dari Pesantren Al Futuh, dan dilanjut dengan ciri yang dipimpin oleh KH Fatah dari Pesantren Wonokromo, KH Baidlowi, Gus Adib dari Pesantren Ngunut, Gus Robert dari Pesantren Mojosari, dan Gus Hamid dari Pondok Karangrejo. Usai doa, acara teratas ditandai dengan pemotongan tumpeng sebab KH Imam Mawardi Ridlwan sebagai wujud syukur dan ditutup dengan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan.

Most Popular

Banjir Kalsel Rendam 6 Ribu Rumah, 21 Ribu Warga Mengungsi

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA --  Banjir di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel) memaksa puluhan ribu orang mengungsi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam laporan sah menyampaikan, sampai Jumat (15/1) sore, 6. 346 rumah...

KPK Periksa Dirjen Perikanan Budidaya Terkait Suap Lobster

REPUBLIKA. CO. ID,   JAKARTA -- Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Bahari dan Perikanan (KKP) Slamet Soebjakto, dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan dimintai keterangan terkait perkara suap izin benih lobster yang...

GP Ansor Tanggapi Pengajuan Komjen Listyo Sigit oleh Jokowi

REPUBLIKA. CO. ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal besar kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) hangat. Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor menilai,...

PTKM, Sleman Mulai Beri Peringatan ke Pelaku Usaha

REPUBLIKA. CO. ID, SLEMAN -- Satgas Penanganan Covid-19 Sleman, DIY tiba Senin (11/1) malam melakukan penilikan penerapan Pemberlakuan Secara Terbatas Kesibukan Masyarakat (PTKM). Beberapa tempat cara mulai diberikan peringatan. Sasaran penilikan adalah...

Recent Comments


Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (0) in /home/helpmetosleep/public_html/wp-includes/functions.php on line 4755