8.5 C
New York
Wednesday, May 5, 2021
Home Uncategorized 4 Macam Doa Buka Puasa di Bulan Ramadhan

4 Macam Doa Buka Puasa di Bulan Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Menyambut Bulan Ramadhan harus dengan hati yang senang. Selain itu, jangan lupa saat menjalani ibadah puasa harus diawali niat berpuasa dan berbuka puasa. Namun, doa berbuka puasa ternyata tidak hanya satu melainkan ada beberapa macam jenisnya.

Dilansir dari bersamadakwah.net pada Ahad (11/4), terdapat beberapa bacaan doa berbuka puasa yaitu :

1.Doa Buka Puasa Paling Shahih

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Artinya: Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap insya Allah.

Doa ini diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Daruquthni, dihasankan Syaikh Nasiruddin Al-Albani dalam Irwaul Ghalil, Misykatul Mashabih dan Shahih Abi Dawud.

2.Doa Buka Puasa Allahumma Laka Shumtu

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.

Doa ini diriwayatkan oleh Abu Dawud, dinilai hasan oleh Syaikh Nasiruddin Al-Albani dalam Misykatul Mashabih, namun didhaifkannya dalam Shahih wa Dhaif Al Jami’u Ash Shaghir dan kitab-kitab lainnya.

3.Doa Gabungan

اللَّهُمَّ إِنِّيْ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَ بِكَ آمَنْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُتَعَالَى يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ اغْفِرْلِىيْ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَعَانَنِيْ فَصُمْتُ وَرَزَقَنِيْ فَأَفْطَرْتُ

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berpuasa karena-Mu dan aku berbuka dengan rezeki-Mu. Kepada-Mu aku bertawakal dan kepada-Mu aku beriman. Dahaga telah lenyap, urat-urat telah basah dan pahala telah pasti didapatkan, insya Allah. Wahai Tuhan yang luas karunia-Nya, ampunilah dosaku. Segala puji bagi Allah yang telah membantuku sehingga ku dapat berpuasa dan memberiku rezeki sehingga aku dapat berbuka.

4.Doa Amr bin Ash

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْئٍ أَنْ تَغْفِرَ لِي

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, semoga Engkau berkenan mengampuniku.

Doa ini memohon rahmat Allah agar memberikan ampunan. “Kalimat dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, yakni yang seluas dunia dan semuanya mendapatkan bagian rahmat darimu,”terang Syaikh Majdi Abdul Wahhab Al Ahmad.

Itulah empat macam doa yang bisa Anda pilih saat berbuka puasa di bulan ramadhan. Kapan waktu terbaik membaca doa buka puasa tersebut? jika doa-doa lainnya biasa dibaca sebelum memulai sesuatu, seperti doa sebelum makan dan doa sebelum berpakaian, doa buka puasa di atas dibaca setelah berbuka. Ada pun sebelum berbuka, membaca bismillah.

Lalu, anjuran memperbanyak doa saat berbuka itu kapan? maksudnya adalah memperbanyak doa menjelang berbuka. Jadi, sebelum tiba waktu berbuka, perbanyaklah doa. Doa apa saja baik untuk kebaikan dunia maupun untuk kebaikan akhirat. Untuk kebaikan akhirat ini jangan sampai dilupakan.

Berita Lainnya

Most Popular

Polisi rahasia Untuk Memenangkan Kabar HK Dengan Suasana Nol Mutlak

Pastikan Anda mampu mengambil game yang Kita mainkan. Jika Anda ingin memilih swift pick, maka Saudara harus memesan 2 tiket. Pilihan Pandai...

Kanada Temukan Kematian Diduga karena Vaksin AstraZeneca

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Seorang warga Kanada yang tinggal di Provinsi Alberta meninggal akibat mengalami pembekuan darah. Hal itu terjadi setelah individu terkait menerima vaksin Covid-19 AstraZeneca. Warga yang meninggal...

Jalan Memilih Tiket Lotere Online Dan Menutupi Seikat Uang

Kesempatan untuk memenangkan lotere sekali dan guna selamanya adalah kira-kira satu dari kira-kira 300 juta. Result singapore peluangnya mungkin tidak...

Skin Solution Gandeng ACT Distribusikan Ribuan Makanan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tingkat kepadatan penduduk di Kota Bandung, setiap tahun semakin meningkat. Namun, hal ini tidak di imbangi dengan tingkat kesejahteraannya.  Melihat hal tersebut, Owner dari Skin Solution group Rizki...

Recent Comments