8.5 C
New York
Wednesday, June 23, 2021
Home Uncategorized 35 Warga Positif Covid-19 di Griya Melati Dievakuasi

35 Warga Positif Covid-19 di Griya Melati Dievakuasi

Evakuasi guna memutus dan meminimalisasi penularan di Perumahan Griya Melati.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor mengevakuasi 35 dari 46 warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Perumahan Griya Melati ke Pusat Isolasi Covid-19 kota setempat dan satu orang dengan komorbid ke rumah sakit rujukan. Evakuasi dilakukan guna memutus dan meminimalisasi penularan di perumahan tersebut.

Wakil Wali Kota Bogor, Jawa Barat, Dedie A Rachim di Kota Bogor, Ahad (23/5), mengatakan kasus positif Covid-19 di Perumahan Griya Melati Kota Bogor sudah dievakuasi mulai Sabtu (22/5) malam dan pada Ahad setelah ada surat perintah untuk karantina dan isolasi di pusat isolasi Covid-19. Menurut Dedie A Rachim, 12 orang positif Covid-19 dievakuasi pada Sabtu (22/5) malam.

Perinciannya, yakni 11 orang ke Pusat Isolasi COVID-19 di Gedung Pusdiklat BPKP di Ciawi Kabupaten Bogor dan satu kasus positif lainnya dievakuasi ke rumah sakit rujukan di Kota Bogor karena memiliki komorbid. Pada Ahad, 23 orang positif dievakuasi ke Pusat Isolasi Covid-19 Kota Bogor di Gedung Pusdiklat BPKP di Ciawi Kabupaten Bogor. 

“Jadi seluruhnya sudah 35 warga yang terkonfirmasi positif dievakuasi dari 46 enam kasus positif di perumahan tersebut,” katanya.

Dedie menambahkan Satgas Penanganan Covid-19 masih terus melakukan penelusuran kontak erat dari kasus positif di perumahan tersebut. “Kami sudah melakukan penelusuran dan kontak erat sebanyak 75 orang dan dilakukan tes swab PCR. Kami sedang menunggu hasilnya, mudah-mudahan negatif,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan Satgas Penanganan Covid-19 menerbitkan surat perintah untuk karantina dan isolasi di Pusat Isolasi Covid-19 Kota Bogor, pada Sabtu (22/5) karena dikhawatirkan penyebaran Covid-19 di perumahan tersebut sangat cepat. Menurut Retno, berdasarkan hasil penyelidikan Dinkes Kota Bogor dan rekomendasi Tim Surveilans Kementerian Kesehatan, kasus Covid-19 di perumahan tersebut direkomendasikan dievakuasi untuk mencegah penyebaran dan upaya deteksi penyebaran varian baru Covid-19.

Bertambahnya kasus positif COVID-19 di perumahan tersebut, menurut Retno, sangat mengkhawatirkan, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah penanganan segera untuk memutus rantai penularan dan mencegah penularan yang lebih luas. Menurut dia, Dinas Kesehatan Kota Bogor menyarankan agar seluruh kasus positif diisolasi di Pusat Isolasi Covid-19 di Gedung Pusdiklat BPKP di Ciawi Kabupaten Bogor, sedangkan kasus positif yang memiliki komorbid dirawat di rumah sakit.

Semua kontak erat harus karantina minimal lima hari dan dilakukan tes swab PCR. Satgas Penanganan Covid-19 melalui tim gabungan yang bertugas juga harus melakukan pengawasan pembatasan aktivitas warga dan menutup akses kompleks, serta melakukan penyemprotan desinfektan di rumah dan lingkungan secara rutin.

sumber : Antara

Most Popular

Bareskrim Kumpulkan Bahan Terkait Parpor Palsu Adelin Lis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Keimigrasian guna mengumpulkan bahan terkait dugaan tindak pidana paspor palsu yang digunakan oleh burunon...

10 RT di DKI Ditetapkan Sebagai Zona Merah Covid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperbarui data zona pengendalian virus Corona di tingkat rukun tetangga (RT) se-Ibu Kota.  Pemprov menetapkan 10 RT sebagai zona merah Covid-19. Berdasarkan data...

Dua Satwa Ikonik Kenya Mati dalam Dua Tahun

  REPUBLIKA.CO.ID, NAIROBI -- Scarface, salah satu singa paling terkenal dan ikonik di cagar alam nasional Kenya, mati 11 Juni saat dia menjadi raja hutan itu. Scarface, dinamai demikian karena bekas...

Santri Bima Madani Bogor Sembuh Covid-19 Terus Bertambah 

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Santri di Pondok Pesantren Bima Madani Kota Bogor, Jawa Barat, yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 sampai Sabtu (19/6), bertambah 16 orang sehingga seluruhnya menjadi 40 orang dari...

Recent Comments